JOGJA-Demi meloloskan sebanyak-banyaknya tim berkuda di PON 2016 mendatang, Pengda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DIJ mengirimkan enam kuda pacu terbaik.

Enam kuda tersebut akan berjibaku dengan kuda-kuda pacu lainnya di Kejurnas Pra-PON yang digelar di Gelanggang Pacuan Kuda, Legok Jawa, Cimerak, Pangandaran 9-10 Januari. “Harapannya semua bisa lolos,” ujar Wakil Ketua Pengda Pordasi DIJ Harsoyo, kemarin (7/1).

Harsoyo menjelaskan, keenam kuda yang berangkat membawa bendera DIJ yakni Purnama Sangir yang akan tampil di kelas E. kuda Ibantong, Maxima, dan Takdim yang akan turun di kelas D. Sedangkan di kelas C, DIJ akan menurunkan kuda andalannya Putra Minting, dan Lady Adira.

Dari keenam kuda tersebut, Pordasi DIJ berharap banyak pada Putra Minting dan Ibantong. Meskipun sejatinya semua kuda diharapkan bisa lolos. “Kami menaruh harapan pada kedua kuda itu. Bahkan kami optimis keduanya bisa menyumbang emas bagi DIJ,” ujarnya.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum III KONI DIJ ini, kejurnas ini merupakan pengganti pelaksanaan Pra-PON yang digelar di Salatiga September 2015 lalu. Venue yang akan digunakan merupakan lintasan baru yang pengerjaannya baru saja rampung. “Venue pacuan ini yang akan digunakan pada PON mendatang, secara kualitas tidak ada masalah dan kami rasa kuda-kuda DIJ mudah beradaptasi dan siap bertanding,” ujarnya.(dya/din/ong)