RADAR JOGJA FILE
NYEKAR: BPH Hario Danardono, adik KBPH Prabu Suryodilogo (kanan), dan kerabat Puro Pakualaman saat berizarah ke Astana Girigondo beberapa waktu lalu
PERSIAPAN jelang jumeneng dalem KGPAA Paku Alam X terus dilakukan, termasuk memastikan tamu-tamu kenegaraan yang bakal datang. Dari informasi awal, Jokowi hanya dijadwalkan menghadiri jumeneng dan langsung kembali ke Jakarta. Sedangkan tamu undangan yang sudah konfirmasi datang adalah Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri. Selain itu, yang sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir yakni, Wakil Dubes Belanda, Mensesneg Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan
uga empat raja di Cirebon, perwakilan dari Kadipaten Mang-kunegaran, dan Puri Karangasem Bali juga sudah mengonfirmasi kehadirannya.Jika Jokowi benar datang, me-nurut Penghageng Kawedanan Kasentanan Kadipaten Paku-alaman KPH Tjondrokusumo, akan melegitimasi keberadaan Kadipaten Pakualaman. Ter utama pada sosok baru Adipati Paku-alaman yang dilantik.Sebab, hadirnya presiden secara langsung berarti mengakui ke-beradaan Kadipaten Pakualaman dan Kasultanan Jogja sebagai bekas wilayah kerajaan yang memiliki sistem pemerintahan daerah khusus. “Tentu saja meski daerah isti-mewa, tapi tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari NKRI,” katanya.

Bila Jokowi benar-benar hadir, maka dia akan menjadi kepala negara ketiga yang pernah me-ngunjungi Kadipaten Pakualaman setelah Soekarno dan Abdur-rachman Wahid. Soekarno dan Muhammad Hatta yang waktu itu menjabat sebagai Wakil Presiden bahkan sempat tinggal selama tujuh hari di Kadipaten Pakualaman pada masa awal kepindahan ibu kota RI ke Jogja pada 1946-1949.Sementara itu, meski hingga berita ini ditulis belum bisa di-pastikan kehadiran Jokowi, per-siapan protokoler telah dilakukan. Rakor pengamanan kedatangan Presiden di Kepatihan Jogja juga sudah dilakukan, kemarin (6/1). “Kalau tidak ada halangan Presiden akan hadir sendiri,” ujar Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas Brigjen TNI Ste-phanus Tri Mulyono.

Meskipun begitu, pihaknya belum bisa memastikan ke hadiran RI 1 tersebut karena masih di-bahas di Jakarta. Dari informasi awal, Jokowi dan ibu negara hanya dijadwalkan menghadiri jumeneng dan langsung kem-bali ke Jakarta.Rombongan Presiden diperki-rakan hadir di Bangsal Sewa-tama Puro Pakualaman sebelum pukul 09.00 WIB dan hanya se-kitar 1,5 jam di sana. Sebelum prosesi berakhir, rombongan akan bertolak kembali ke Ja-karta. Sesuai dengan prosedur keda-tangan RI 1, pihaknya tetap akan melakukan pengamanan untuk tamu VVIP. Disiapkan sekitar 2.250 pasukan gabungan TNI dan Polri untuk pengamanan kedatangan Jokowi. Biasanya, jika sudah digelar rapat koordi-nasi pengamanan, Presiden akan datang. (pra/ila/ong)