JANGAN senang dulu apabila istri begitu longgar memberi kebebasan kepada Anda. Jangan-jangan nasib Anda sama seperti yang dialami oleh Donwori. Mulanya, Donwori sangat bersyukur memiliki istri seperti Sephia yang sangat toleran dengan kesibukannya. Tapi ternyata, ia justru tertipu dengan sikap toleran Sephia yang ternyata suka “main sabun”. Sang istri kepincut dengan tetangganya yang duda.
Profesi Donwori, 38, sebagai manajer keuangan di salah satu perusahaan elektronik di Margorejo membuatnya sangat sibuk. Bahkan, sehari-hari dia pulang kerja hingga larut malam.
Belum lagi kalau rekan kerjanya mengajak keluar usai bekerja, bisa-bisa Donwori sampai di rumah pada tengah malam. Namun, Sephia tak pernah mempermasalahkan hal itu.
Menurut Donwori sifat istrinya itu sangat berbeda saat mereka baru menikah. “Saat pengantin baru, telat pulang sedikit saja sudah diomeli panjang lebar. Bisa diinterogasi dari A sampai Z. Baru belakangan ini, dia berubah seratus persen. Nggak pernah ngomel apalagi tanya kalau saya pulang malam, atau keluar lagi dengan rekan-rekan kerja,” ucap Donwori saat mengantre di Pengadilan Agama (PA) Surabaya di Jalan Ketintang Madya, kemarin.
Namun belakangan ini, Sephia hanya telepon sekali cuma untuk memastikan Donwori pergi kemana dan dengan siapa? Tak lupa juga menanyakan kira-kira akan pulang di rumah jam berapa. “Dia sudah tak pernah lagi khawatir atau kepo nanyain saya seharian. Lha, saya kan yang jadi bingung sendiri?” ungkap Donwori.
Tapi usut punya usut, ternyata ada udang di balik batu. “Selama saya nggak ada di rumah, ternyata dia punya kesibukan lain. Dia punya kesibukan sampingan melayani duda tetangga dekat rumah,” tukas Donwori kecut.
Hal tersebut ia ketahui beberapa bulan kemudian dari pengakuan putra semata wayangnya yang curiga dengan kebiasaan aneh ibunya.
Menurut sang anak, hampir setiap hari, Sephia selalu mengantar makanan ke rumah duda tersebut, sebut saja Donlesi, 53. Bahkan bukan hanya mengantarkan makanan, tapi Sephia juga menemani duda tersebut makan.
“Anak saya penasaran kenapa ibunya selalu membawa makanan ke rumah tetangga yang duda itu. Duda itu memang sudah punya anak dua, tapi dia sendirian di rumah karena semua anaknya kuliah di luar kota,” katanya.
Mendapatkan laporan demikian, Donwori pun jadi curiga. Namun, dia tidak mau main tuduh ke Sephia yang sudah dipacarinya sejak kuliah. Dia pun menanyakan kabar itu ke Sephia baik-baik.
Sephia pun mengatakan bahwa dia hanya kasihan dengan duda tersebut karena tidak ada yang merawatnya lagi. Sephia juga berkilah bahwa dia tidak hanya mengantar masakan untuk Donlesi, tapi juga ke beberapa tetangga lain di kanan dan kiri rumah.
Namun, bau busuk pada akhirnya pasti tercium juga. Belakangan, Donwori jadi benar-benar curiga dengan hobi Sephia mengoleksi film-film dewasa di rumah. “Pas saya korek lebih jauh, dia baru ngaku kalau dapat film-film unyil itu dari Donlesi. Sekarang berduaan di rumah Donlesi ngapain kalau tidak nonton film blue bersama,” ucap Donwori.
Apalagi meski sudah berumur, tapi Donlesi masih termasuk keren dan suka dandan klimis. Gara-gara itulah, Donwori sudah tidak percaya lagi dengan Sephia dan memutuskan untuk mengakhiri rumah tangganya. Sebab ancamannya ke Sephia yang akan menceraikannya jika tidak mau sadar sudah tidak digubris. (fatimatuz/jay/mas/jpnn/ong)