SLEMAN – Tampuk kepemimpinan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sleman berganti. Selama lima tahun mendatang, periode 2016-2021, PCNU Kabupaten Sleman dipimpin duet KH Mas’ud Masduki sebagai Rois Syuriah, dan Drs. Ismail S. Ahmad sebagai Ketua Tanfidziyah. Keduanya terpilih dalam konferensi cabang (Kofer-cab) NU Kabupaten Sleman yang digelar di Kompleks Pendidikan Al Azhar, Ringroad Utara, Minggu (27/12). Mas’ud kembali terpilih menjadi Rois Syuriah sete-lah ditetapkan pada sidang Ahlul Hali Wal Akdi (AHWA).
Kelima anggota AHWA, yakni KH Syakir Ali, KH Fahmi Basya, KH Mas’ud Masduki, KH Sami’an dan KH Ah-mad Fatah menetapkan KH Mas’ud Masduki untuk menjadi Rois Syuriah untuk lima tahun mendatang. Sedang Ismail S Ahmad terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah setelah mendapat dukungan 10 suara dari Majelis Wakil Cabang (MWC) NU, mengalah-kan Muslih Mukhtar yang mendapat dukungan 8 suara. “Insya Allah, saya akan menjalankan amanat ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ismail.
Sebelumnya, pada sesi pencalonan ada 3 nama lain yang juga mendapat dukungan dari MWC. Mereka adalah Kyai Labib mendapat 2 dukungan, KH Nurudin Barmawi (1), H. Waldjiana (1).Ismail menegaskan tugasnya ke depan cukup berat. Sebab, tantangan yang dihadapi PCNU Kabupaten Sleman saat ini lebih kompleks. Berbagai persoalan mulai kaderisasi, sosial, ekonomi, politik akan men-jadi fokus garapannya. “Dengan dukungan seluruh pihak, saya akan beru-saha semaksimal mungkin membuat jamiyah dan jamaah NU menjadi lebih baik dan maju,” tandasnya.
Selain pemilihan, ada empat agenda lain yang dibahas pada konfercab. Yakni pembahasan program kerja, organisasi, rekomendasi dan bahtsul masail. Khusus batsul masail, pembahasan antara lain se-putar hukum untuk pelaku pedofilia. Penjabat Bupati Sleman yang diwakili Kepala Bagian Kesra Setda Kabupatyen Sleman Herry Sutopo me-negaskan, sinergitas antara PCNU dan Pemerintah Kabupaten Sleman sudah berjalan dengan baik. Dia berharap, sinerjitas bisa dilanjutkan dan lebih ditingkatkan. “Misi dan visi NU dengan pemerintah sama yakni mesejahterakan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Saya berharap ini terus dila-njutkan,” tandasnya. (sam/din/ong)