LONDON – Penyakit jantung kini sudah menjadi momok bagi manusia. Bukan hanya orang tua, penyakit jantung juga bisa menyerang anak muda. Banyak faktor yang bisa membuat jantung bermasalah.
Salah satunya ialah kebiasaan sehari-hari. Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak jantung seperti dilansir laman India Times, Senin (28/12).
1. Bekerja lebih dari 40 jam seminggu bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner atau penyempitan pembuluh darah yang memasok darah dan oksigen ke jantung.
2. Menonton TV atau duduk selama berjam-jam meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke bahkan jika Anda berolahraga secara teratur.
3. Apakah Anda merasa stres atau depresi? Hal ini bisa berakibat buruk pada jantung Anda.
4. Konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan risiko yang lebih besar dari tekanan darah tinggi, kadar tinggi lemak darah dan gagal jantung. Selain itu, kalori ekstra bisa menyebabkan kenaikan berat badan, ancaman bagi kesehatan jantung.
5. Merokok adalah sebuah bencana bagi jantung Anda. Merokok mempromosikan pembekuan darah yang bisa menghambat aliran darah ke jantung dan memberikan kontribusi untuk penumpukan plak di arteri. (fny/jpnn/ong)