DWI AGUS/RADAR JOGJA
INDONESIA DAMAI: Lewat karya berjudul Reuni RI, Wuri Hantoro mengajak masyarakat mencontoh para pemimpin yang akur. Harapannya, segera tercapai cita-cita gemah ripah loh jinawi.
JOGJA – Tujuh figur pemimpin Indone-sia kompak dalam satu group musik. Mulai Presiden pertama Republik Indo-nesia (RI) Soekarno hingga Joko Widodo. Ketujuh sosok ini tertuang dalam lukisan berjudul Reuni RI karya Wuritual.Ketujuh pemimpin bangsa ini terlihat akur saat memainkan alat musik masing-masing.
Sang seniman Wuri mengung-kapkan, ini wujud akurnya seorang pe-mimpin. Karya ini sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu da-lam membangun bangsa Indonesia.”Selama ini kita selalu disuguhkan kon-flik yang tidak rampung-rampung. Pada-hal di kalangan atas antarpemimpin itu akur. Justru di kalangan bawah yang sering terjadi konflik. Seakan benar-benar me-rindukan Indonesia yang damai dan tenteram,” ungkap Wuritual di ruang pa-mer Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu malam (26/12).
Pemilik nama lengkap Wuri Hantoro ini sengaja menggambarkan keakuran para pemimpin bangsa. Mulai Jokowi yang digambarkan sedang bermain gitar akustik, hingga sosok Presiden pertama RI Soekarno yang meniup saxophone.Musik dipilih sebagai media pemer-satu. Karena sifatnya universal. Menurut-nya, musik bisa diterima semua elemen masyarakat. Melalui musik pula ingin mengemas simbol simponi yang indah.”Saat para pemimpin di atas akur, se-harusnya bisa menjadi contoh masyara-kat di bawahnya. Bagaimana caranya kita bersatu demi kemajuan bangsa In-donesia. Mreka adalah sayap-sayap bangsa ini. Harapan melalui lukisan ini agar Indonesia tetap damai gemah ripah loh jinawi,” kata pelukis kelahiran 8 Ok-tober 1972 ini.
Karya Wuri ini merupakan salah satu karya yang tersaji dalam pameran bertajuk A(rt) Ves Attact #2, Sayap-Sayap. Pame-ran ini menampilkan karya para seniman yang tergabung dalam Perupa Pecinta Unggas (PPU). Di mana, para seniman memiliki hobi yang sama dalam meme-lihara unggas. Konsep dalam pameran ini tak jauh dari unggas. Mengambil tema kecil Sayap-Sayap sebagai konsep pame-ran. Kurang lebih 40 perupa terlibat da-lam pameran ini. (dwi/hes/ong)