ADIDAYA PERDANA/RADAR JOGJA
PESTA SENIMAN: Borobudur Today 2015 Art and Emotion diisi pameran seni dan pertunjukan kesenian tradisional. Para seniman ingin acara ini menjadi agenda tetap kesenian di sekitar Candi Borobudur.
MUNGKID – Seniman dari dalam dan luar negeri me-nyuguhkan hasil karyanya, ke-marin (27/12). Mereka me-mamerkan lukisannya di Galleri Limanjawi Art House Borobudur, mulai 27 Desember hingga 27 Januari 2016. Pameran lukisan ini merupakan rangkaian acara Borobudur Today 2015 Art and Emotion.Acara diawali arak-arakan seni budaya di sekitar Candi Borobudur ke Galleri Limanjawi Art House. Rombongan arak-arakan terdiri kirab budaya tra-disional. Seperti topeng saujana, kuda lumping, manusia lumpur, dan karya seni lainya.
Para pelukis yang tergabung dalam Oplosan Artist Com munity Jogjakarta juga ikut ambil bagian dalam acara ini.Mereka melukis di kain kanvas sepanjang 120 meter di pinggir jalan, tepatnya di Kawasan Taman Stupa, Borobudur. Para seniman melukis segala aktivitas yang ada di sekitar candi.
Usai melukis, mereka bergabung dengan arak-arakan seni budaya ke Galleri Limanjawi.”Acara ini menampilkan karya seniman terbaik dari dalam dan luar negeri. Di antaranya, seniman Afganistan dan Hongaria. Melalui Borobudur Today, Candi Boro-budur diharapkan menjadi pu-sat warisan dan ke budayaan dunia,” kata Pe ngelola Galleri Limanjawi Art House Umar Chu-saeni.
Umar mengatakan, karya para seniman ini menunjukkan per-kembangan dan eksistensi seniman di wilayah Borobudur. Mereka menegaskan, dengan semangat kebersamaan mampu menciptakan karya yang indah.”Ini sebuah embrio. Harapan kami, nantinya menjadi festival budaya dengan melibatkan kantong-kantong budaya yang ada di Borobudur,” jelasnya.
Ia meneruskan, Borobudur Todaymerupakan pesta seni budaya. Melalui kebersamaan, seniman bisa menunjukkan kreativitasnya. Seniman menam-pilkan karya, seni baru. Tetapi, mereka diminta tidak melupakan kesenian tradisional yang ada.”DenganBorobudur Todayini bisa memunculkan jiwa-jiwa generasi baru untuk selalu ber-karya,” katanya. (ady/hes/ong)