REREN INDRANILA/RADAR JOGJA
SEJUK: Suasana di Taman Sungai Mudal yang masih asri, terdapat kolam alami untuk anak-anak berenang, juga fasilitas outbond dan camping
MASIH dalam suasana liburan, namun belum memutuskan untuk pergi kemana? Terlebih tak memiliki banyak waktu untuk pergi ke luar kota. Nah, jangan ragu-ragu untuk menjelajah di seputaran DIJ. Kali ini menuju Kulonprogo. Tepatnya di Taman Sungai Mudal yang berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo.
Menuju ke sana cukup mudah. Dari Kota Jogja bisa melewati Jalan Godean, Sleman menuju perempatan Kenteng di Nanggulan, Kulonprogo. Dari perempatan ambil jalan lurus saja, hingga sampai Gua Kiskenda. Dari Gua Kiskenda lantas ambil ke kiri, kemudian ikuti petunjuk menuju Taman Sungai Mudal.Membuat menarik, di sana masih alami.
Disamping itu juga bisa menghirup sejuknya udara yang masih bersih. Jalan menuju ke sana juga menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, selain lahan per sawahan terasering terdapat pula hutan karet dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Berhenti sejenak untuk berfoto pun bisa. Sesampai di Taman Sungai Mudal, harus menaiki jalan setapak sederhana menuju ke atas bukit. Sesampainya di lokasi, langsung disuguhi jembatan dari bambu.
Di bawah jembatan terdapat air terjun, ada pula kolam alami sedalam satu meter untuk anak-anak berenang. Sedangkan menuju ke bawah, ada air terjun dengan intenstitas yang cukup tinggi. Di bawahnya lagi terdapat dua kolam alami dengan kedalaman dua meter untuk orang dewasa. Menurut pemilik lahan Taman Sungai Mudal Djuwarto, nantinya akan di lengkapi dengan taman bunga anggrek. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas flying fox. “Taman Sungai Mudal ini merupakan ekowisata yang digagas oleh warga Desa Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo,” ungkapnya.
Djuwarto mengungkapkan, untuk saat ini belum diterapkan tarif masuk. Alasannya, selain masih baru, juga perlu penataan lebih baik lagi. Meski begitu, di sana sudah tersedia lokasi outbond dan camping, toilet yang bersih, serta gazebo. (ila/ong)