GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA
MULAI DIFUNGSIKAN: Malam tahun baru nanti menjadi awal dari pemanfaatan Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali. Seluruh kendaraan roda dua untuk kawasan Malioboro, diarahkan ke parkir portabel itu.
JOGJA – Malam tahun baru bakal menjadi sesuatu yang istimewa di Malioboro. Tapi bukan soal acara pengisi malam pergantian tahun, tapi soal realisasi perencanaan ikon pariwisata itu menjadi pedestrian. Malam tahun baru nanti, bakal menjadi awal dari pemanfaatan Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali. Pembangunan ABA yang telah rampung akan diuji coba pertama pada malam tahun baru nanti. “Seluruh parkir kendaraan roda dua diarahkan di ABA,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh, kemarin (25/12).
Syarif menjelaskan, selama 24 jam (sehari semalam), sejak 31 Desember 2015 pukul 06.00 WIB hingga 1 Januari 2016 pukul 06.00 WIB, pengendara sepeda motor yang menuju Malioboro akan di-arahkan memarkir kendaraan di ABA.”Kami perkirakan, masyarakat yang akan merayakan malam per-gantian tahun di Malioboro akan lebih banyak dibanding tahun se-belumnya. Apalagi libur panjang tahun ini bersamaan dengan libur sekolah,” tandasnya.Hanya saja, Syarif buru-buru memastikan, itu hanya relokasi sementara. Saat pergantian tahun untuk memberikan ruang yang lebih maksimal kepada pejalan kaki. “Pemindahan sementara lokasi parkir hanya sebagai strategi baru untukmelayani masyarakat yang akan merayakan malam per gantian tahun,” ujarnya.
Dia menambahkan, di malam pergantian tahun sebelumnya, hanya melakukan penutupan jalan, tanpa memberikan alternatif parkir. “Tetapi untuk tahun ini sudah ada tempat yang disiapkan, di ABA,” tegasnya.Syarif mengatakan, kebijakan tersebut diambil berdasarkan ke-sepakatan bersama antara pihak pemkot dan Polresta Jogja. Petugas akan melakukan sosialisasi ke-pada juru parkir dan pengguna parkir yang biasanya memanfaat-kan parkir di Malioboro sisi timur. Mulai dari wisatawan, pengunjung took, hingga para karyawan di sepanjang Malioboro.Terkait besaran tarif parkir yang akan diberlakukan di Taman Parkir ABA, bagi kendaraan sepeda motor tarif parkir progresif. Yakni sebesar Rp 1.000 untuk satu jam pertama, dan naik 50 persen pada tiap jam berikutnya. Sedangkan pintu masuk Taman Parkir ABA berada di sisi barat. “Nanti, akan ada petugas yang mengarahkan pengunjung atau wisatawan untuk memanfaat-kan parkir di lokasi tersebut,” jelasnya.
Kepala SatlantasPolresta Jogja Kompol Sugiyanta mengatakan, TKP ABA sudah siap digunakan untuk menampung kendaraan roda dua wisatawan di kawasan Malioboro. Pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di Malioboro pada malam pergantian tahun dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan melakukan sistem buka tutup, dan menutup total jalan tersebut dari kendaraan bermotor. Tak hanya kendaraan bermotor, juga berlaku bagi jenis apa pun dan kendaraan tradisional lainnya pada pukul 19.00. “Pada malam tahun baru, diperkirakan ada ribuan orang yang berjalan kaki di sepan-jang Malioboro. Fungsi trotoar di jalan tersebut harus dioptimalkan untuk menampung pejalan kaki,” tandas perwira menengah Polresta ini. (eri/jko/ong)