PARTISIPASI: Kapolda DIJ Brigjen Pol Erwin Triwanto menyematkan pita kepada petugas Jasa Raharja. Pita ini sebagai tanda, bahwa PT Jasa Raharja ikut memantau dan mengamankan Operasi Lilin Progo 2015 dan Tahun Baru.
logo-jasa-raharja
JOGJA – Kapolda DIJ Brigjen Pol Erwin Triwanto me nga pre-si a si PT Jasa Raharja, dan in-stan si lain yang telah sepakat mem bu at pos pelayanan korban ke ce la ka an lalu lintas secara ter pa du. Inovasi pelayanan san-tun an korban kecelakaan ter se-but, merupakan langkah jitu da lam memberikan pelayanan pri ma kepada masyarakat. Apala-gi, instansi yang terlihat tidak ha nya dari Jasa Raharja, juga Di nas Kesehatan, BPJS Ke se ha-tan, dan rumah sakit yang ada di wilayah Jogjakarta.”Pos pelayanan terpadu ter se-but akan memudahkan ma sya-ra kat untuk mendapatkan haknya, yaitu penanganan pasca kece la-ka an yang maksimal dari pihak ru mah sakit, dan santunan ke-ce la ka an dari pemerintah,” kata Erwin usai gelar pasukan Ope-ra si Lilin Progo 2015, ke ma rin.
Dalam apel gelar pasukan ter-se but, Erwin menyematkan pi-ta kepada petugas Jasa Raharja. I ni sebagai tanda bahwa PT Ja-sa Raharja ikut memantau dan me nga man kan Operasi Lilin Progo 2015 dan Tahun Baru.Di sisi lain, proses pelayanan ter pa du, korban kecelakaan la-lu lintas, dan angkutan jalan kian sa ngat mudah. Setelah men da-pat kan informasi dari pihak ru-mah sakit adanya pasien korban ke ce la ka an lalu lintas dan ang-kut an jalan, petugas Jasa Ra har-ja akan mendatangi dan me la-ku kan klarifikasi untuk korban ke ce la ka an dan angkutan jalan ter kait ruang lingkup jaminan UU 33/1964 dan UU 34/1964.
Selanjutnya, korban kecelakaan tersebut akan diberikan in-for ma si terkait dengan hak- haknya sebagai korban ke ce la-ka an lalu lintas dan angkutan ja lan. Sementara itu, Unit Laka Polres Kulonprogo akan me la-ku kan olah TKP, sehingga terbit la por an polisi/surat keterangan kecelakaan lalu lintas. Setelah di pe ro leh kebenaran kasus ke-ce la ka an, pihak kepolisian me-nye rah kan laporan polisi atau su rat keterangan kecelakaan la-lu lintas kepada Jasa Raharja. Jasa Raharja kemudian mem pro-ses pembuatan guarantee letter (GL) atau surat jaminan bi a ya perawatan kepada rumah sa kit sebagai bukti, bahwa kor ban kecelakaan terjamin oleh Jasa Raharja. “Dengan adanya guarantee let-ter ini, korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan men-da pat kan kepastian ja min an dari Jasa Raharja, sehing ga tidak perlu mengeluarkan dan atau membayar biaya perawatan sam-pai dengan batas maksimal se su-ai ketentuan,” kata Kepala Ca bang PT Jasa Raharja DIJ I Ketut Suar-dika kepada Radar Jogja, kemarin.
Selanjutnya, Jasa Raharja mem-be ri kan informasi kepada pihak BPJS Kesehatan dan Dinas Ke-se hat an Kabupaten Kulonprogo me la lui Jamkesda/Jamkesos, bah wa korban sudah dijamin oleh Jasa Raharja. Untuk proses pe nagihan santunan biaya pe-rawatan korban akibat ke ce la-ka an lalu lintas akan dilakukan pihak rumah sakit setelah kor ban keluar dari rumah sakit, se hing-ga korban tidak perlu me nge-luar kan biaya pengobatan dan pe ra wat an selama di rumah sakit. Jika ada korban yang tidak ter-jamin dalam lingkup UU 33/1964 atau UU 34/1964, Jasa Raharja akan memberikan surat kete-rangan tidak terjamin Jasa Ra-harja kepada BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ku-lonprogo melalui Jamkesda/Jam-keso. Sedangkan untuk tindakan medis kepada korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan yang terjamin dalam lingkup UU 33/1964 atau UU 34/1964 akan ditanggung oleh Jasa Raharja. “Apabila biaya perawaran me-lebihi batas maksimal pembe-rian santunan, Jasa Raharja akan melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kese-hatan Kabupaten Kulonprogo melalui Jamkesda dan atau Jam-kesos sebagai secondary payer,” terang Suardika. (mar/jko/ong)