GUNAWAN/RADAR JOGJA
EOPRAK GUNUNGSEWU:Gunungkidul dipilih menjadi yang pertama sebagai sekretariat Geopark Gunungsewu. Tiga wilayah ini sepakat melakukan pengembangan bersama, meski untuk pengelolaan menjadi tanggung jawab masing-masing.

Pindah Setiap Tiga Tahun, Sepakat Lakukan Pengembangan

Pascamasuknya Gunungsewu Global Geopark Indonesia dalam jaringan Geopark National Network (GNN), tiga provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Jogjakarta, terus melakukan koordinasi. Kesepakatan akhir, sekretariat bersama berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul.
GUNAWAN, Gunungkidul
KABID Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, penandatangan Badan Kerja Sama Antar-Daerah (BKAD) tiga provinsi sudah dilaku-kan pada hari Rabu, 23 Desember lalu.”Gunungkidul diwakili oleh pejabat Sekda Supartono. Penandatangan BKAD di Wonogiri bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pengeloalaan Geopark Gunungsewu,” kata Hary Sukmono.
Dijelaskan, dalam penandatanganan lalu ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan, di antaranya pemindahan sekretariat geopark dilakukan setiap tiga tahun sekali. Untuk tahun ini merupakan kesempatan Gunungkidul.”Sekretariat nanti akan berada di Disbudpar, dan panel-panel akan ditambah menjadi UNESCO Global Geopark,” ujarnya.
Selain itu, kata dia, nanti pengelolaan akan semakin ditingkatkan, seperti pemasaran dan pembuatan leaflet untuk geoside di tiga kabupaten. Poin pentingnya, tiga wilayah akan bersama-sama melakukan pengembangan, namun untuk pengelolaan tetap tanggung jawab masing-masing wilayah.
Sementara itu, Pejabat Sekda Gunungkidul Supartono mengatakan, dalam kesepakatan tidak hanya kabupaten secara umum, namun ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang melakukan kesepakatan. Mulai dari dinas pendidikan pemuda dan olah raga, dan dinas kebudayaan dan kepariwisataaan.”Masing-masing daerah melakukan kesepa-katan. Kita sepakat untuk meningkatkan kerja sama, utamanya daerah perbatasan. Misalnya peningkatan infrastruktur,” kata Supartono. Dengan ada sekretariat bersama ke depan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (laz/ong)