JOGJA – Seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah-raga DIJ, Isparwono, 53 tahun, meninggal dunia seusai meng-ikuti pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara di markas Ba-talyon Infanteri 403 Wirasada Pratista Kentungan, kemarin (23/12). Isparwono meninggal, diduga karena serangan jantung.Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIj Agus Supri-yanto membenarkan hal itu. Menurut Agus, Isparwono me-ninggal dalam perjalanan ke RS dr Sardjito Jogja. Sebelumnya, para peserta pelatihan, termasuk korban, melaksanakan permai-nan paintball. “Setahu saya me-ninggal dalam perjalanan ke RSUP dr Sardjito, bukan di lo-kasi outbound,” jelasnya saat dihubungi, kemarin (23/12).PNS yang merupakan warga Piyungan, Bantul tersebut, jelas Agus, sempat terjatuh dan pingsan.
Kemudian dia dibawa ke RSUP dr Sardjito Jogja. “Kemungkinan karena jantung, yang bersang-kutan sudah keluar dari permai-nan paintball, sempat istirahat dan tanda tangan SPJ,” jelasnya.Agus menjelaskan, pelatihan kepemimpinan dan bela negara tersebut diikuti oleh 54 PNS di lingkungan Pemprov DIJ. Pelatihan diselenggarkan dua hari, sejak Selasa hingga Rabu (22-23/12).Materi pelatihan yang diberikan, terdiri dari indoor dengan ceramah-ceramah dan kegiatan outdoor, dengan beberapa permainan out-bound. “Pelatihan kepemimpinan ini sudah rutin, kali ini untuk pe-gawai eselon empat,” terangnya.
Kepala Dinas Pendidikan Pem-uda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ Kadarmanta Baskara Aji juga membenarkan ada pegawai Dis-dikpora DIJ yang bertugas di BTKP DIJ meninggal seusai mengikuti pelatihan yang digelar BKD DIJ. Meskipun begitu, Aji mengaku belum tahu persis penyebabnya. “Kami tahunya sudah mening-gal di (RSUP) Sardjito, kami sudah menghubungi keluarga-nya,” katanya.Terpisah Komandan Batalyon Infanteri 403 Wirasada Pratista Mayor inf Imron Marsyudi mengatakan, dalam pelatian ini, pihaknya hanya ketempatan lokasi. Sementara untuk materi, dan isi pelatihan, sepenuhnya diprogram-kan dari BKD DIJ. Termasuk un-tuk jenis permainannya. “Semua permainan murni dari BKD DIJ, kami hanya menyediakan lokasi,” ujarnya. (pra/jko/ong)