GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA
SAMBUT NATAL: Panitia menghias Gereja Santo Antonius Kotabaru, Jogja dengan memasang pernak-pernik khas Natal, Selasa (22/12). Sejumlah gereja di Jogjakarta melakukan persiapan untuk memeriahkan perayaan Natal. Begitu juga personel keamanan yang mulai siaga dalam Operasi Lilin.
SLEMAN – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2016, Polda DIJ menyiagakan 1.700 personel. Petugas disiagakan dalam Operasi Lilin yang digelar mulai hari ini (23/12) hingga 2 Januari 2016 mendatang. Kabid Humas Polda DIJ AKBP Anny Pudjiastuti meng-ungkapkan, 1.700 personel tersebut akan disebar di be-berapa titik yang dinilai rawan
Termasuk lokasi-lokasi yang banyak terdapat masyarakat yang berkunjung, seperti objek wisata. Dijelaskan, anggota yang di-siagakan berasal dari jajaran polres dan personel Polda DIJ. “Kita kerahkan dua pertiga per-sonel Polda DIJ, sisanya seper-tiga siaga di daerah masing-masing,” katanya kepada war-tawan, Selasa (22/12).
Anny mengatakan, kepolisian berusaha mengantisipasi gang-guan kamtibmas seperti teror-isme dan kejahatan lainnya menjelang tutup tahun. Penga-manan dilakukan terbuka dan tertutup. “Nanti jika diperlukan beberapa lokasi untuk peneba-lan personel akan kita lakukan,” ucapnya.Menjelang perayaan Natal, pihaknya melakukan sterili-sasi di sejumlah gereja besar di seluruh wilayah DIJ. Sterilisasi dilakukan sebelum dilaksanakan perayaan Natal. “Akan disteri-lisasi oleh tim Gegana Polda DIJ untuk gereja besar. Untuk gereja kecil tetap kita siagakan personel di sana. Juga di tempat ibadah lain tetap kita jaga,” tandasnya.
Anny mengatakan, secara umum kondisi keamanan di wilayah Jogjakarta masih ter-bilang kondusif. Namun de-mikian, pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut men-jaga keamanan. Rencananya, hari ini (23/12) Polda DIJ akan menggelar pasukan Operasi Lilin Progo 2015 di Mapolda DIJ. (riz/ila/ong)