APA pandangan Nuril Hanifah tentang Hari Ibu? Anggota DPRD Sleman ini ternyata memiliki pandangan khusus terkait itu. Menurut dia, perempuan tak bisa dipisahkan dari segala aspek kehidupan.
“Perempuyan itu sosok yang kuat dan tahan banting,” ungkap Nuril, kemarin (22/12).
Dia menyebutkan, darizaman ke zaman, dunia mengenal wanita-wanita hebat. Sebut saja Aisiyah, Fatimah, lalu Nyi Ahmad Dahlan hingga RA Kartini. Juga ada nama Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, dan masih banyak lagi.
“Mereka merupakan perempuan-perempuan contoh tangguh dan tidak gentar memperjuangkan kemuliaan wanita, tanpa sedikit pun meninggalkan kodratnya. Yakni sebagai seorang istri untuk suami, ibu bagi anak-anaknya dan keluarga,” tuturnya.
Nuril juga menyebutkan, di era keterbukaan ini, telah lahir banyak pemimpin perempuan. Di antaranya yang terpilih melalui pilkada serentak 9 Desember lalu sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah. Mereka yang terpilih mendapatkan amanat dari rakyatnya memimpin daerahnya.
“Dari ibu yangkuat, melahirkan generasi yang hebat. Rasulullah juga mengingatkan dalam sebuah hadis bakti anak kepada orang tua. Ibumu, ibumu, ibumu, dan baru bapakmu,” katanya.
Karena itu, semangat perjuangan seorang ibu harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Selamat Hari Ibu,” ucap Nuril. (kus/jko/ong)