JOGJA – Resimen Mahasiswa (Menwa) memiliki peran strategis dalam upaya menyempurnakan perjuangan melalui disiplin ilmu, dan semangat bela negara. Hanya saja, menwa di tingkat daerah belum memiliki wadah resmi setelah adanya SKB 3 Menteri nomor 39 A/2000 tentang Pem-binaan dan Pemberdayaan Menwa.Komandan Menwa Maha karta Ahmad Fadli mengatakan, men-wa hanya ada di tiap satuan yang ada di masing-masing univer-sitas. “Sat ini, kami belum punya wadah resmi, walaupun kami menyebutkan dengan Menwa Mahakarta sekarang,” katanya usai melantik kepala staf menwa periode 2015-2017 di Makorem Pamungkas, kemarin.
Chandra Kusuma dilantik sebagai kepala staf Menwa (Kas-men) Mahakarta periode 2015-2017. Chandra menggantikan kasmen periode sebelumnya yang dijabat Aditya Nugroho.Ahmad Fadli yang juga Asisten Pemerintahan Setda Kota Jogja mengatakan, tidak adanya wadah resmi bagi menwa tingkat daerah, menimbulkan persoalan dan membuat pembinaan dilakukan alakadarnya. Bahkan untuk latihan, menwa harus melaku-kannya secara swadaya.”Jika dikaitkan dengan potensi daerah, struktur seperti ini jelas kurang kuat. Komandan menwa tidak bisa memberi perintah kepada komandan satuan, karena dia berada langsung di bawah rektor. Kalau wadahnya gonjang-ganjing begini, jadinya dilema-tis,” terangnya.
Karena itu, dia meminta Badan Kesbanglinmas DIJ maupun Biro Hukum untuk membantu mencari solusi mencarikan wadah yang poaling cocok untuk men-wa di tingkat daerah. Dia juga berharap, langkah ini bisa di-mulai dari Jogjakarta dan me-luas ke daerah lain.
Ditambahkan, ke depan, dia juga mewacanakan untuk men-jadikan posisi kepala staf men-wa sebagai jabatan tertinggi dalam struktur menwa. Bahkan jika diperlukan, Fadli ingin menghapus jabatan komandan menwa yang saat ini ada.Langkah itu dinilai penting untuk mendorong mahasiswa agar lebih aktif, tanpa adala lagi alumni di dalamnya.”Jadi semuanya mahasiswa, tak ada lagi alumni. Untuk alumninya, kita bicarakan ke-mudian di carikan fotmat lain,” terangnya.Kepala seksi Teritorial Korem 072 Pamungkas Kolonel Inf SatyoAryanto berharap, menwa mem-beri kontribusi positif terutama dalam hal bela negara. Menwa juga bisa memberi teladan yang baik bagi rekan-rekannya di kampus. (riz/jko/ong)