DEWI SARMUDYAHSARI/RADAR JOGJA
BANGGA: Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti bersama para atlet penerima tali asih (bonus) dari KONI Kota Jogja atas prestasi di Porda 2015.
JOGJA-KONI Kota Jogja memenuhi janjinya untuk menyerahkan bonus bagi para atlet yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII-2015 DIJ. Penyerahan dilakukan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) di Grha Wana Bhakti Yasa Jumat malam (18/12).
Pembinaan atlet yang sangat kurang dan persiapan yang terbilang singkat, menjadi alasan gagalnya kontingen Kota Jogja mempertahankan gelar juara umum. “Kemarin dana bantuan cair terlambat. Sehingga persiapan atlet sangat mepet. Namun demikian, kami tetap mengapresiasi keberhasilan atlet karena telah mendulang prestasi bagi Jogja,” ujar Ketua Umum KONI Kota Santoso Budi Rahardjo.
Tanpa menunda hingga tahun depan, seluruh atlet yang berhak langsung menerima bonus secara utuh. Untuk peraih medali perorangan, emas yakni Rp 10 juta, perak Rp 4 juta, dan perunggu Rp 2 juta. Sedangkan kategori ganda, emas Rp 7 juta, perak Rp 3 juta, dan perunggu Rp 1,5 juta. Kategori beregu 3-5 orang, emas Rp 5 juta, perak Rp 2 juta, dan prunggu Rp 1 juta. Sementara beregu lebih dari 9 orang, emas Rp 4 juta, perak Rp 1,5 juta, dan perunggu Rp 1 juta.
Dari seluruh atlet yang berhak menerimabonus, atlet renang lintasan, Raven Chrisando menjadi atlet penerimanominal bonusterbesar yakni Rp 52 juta. Dia menyumbang 4 medali emas nomor perorangan, dan 3 medali emas nomor beregu atau estafet. ”Setelah ini atlet harus tetap berlatih secara kontinyu, juga dalam pembinitan dan pembinaan atlet junior potensial,” ujarnya.
Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti tetap mendukung para atlet Jogja untuk tetap berprestasi di masa yang akan datang. Dia meminta untuk segera mengevaluasi dan tidak lengah sedikit pun. “Lupakan prestasi 2015, sekarang waktunya menata diri untuk menyonsong 2017. Kita benahi dan rebut prestasi kembali,” ujarnya.
Di Porda 2015, kontingen Kota Jogja menempati peringkat ketiga dengan perolehan 112 emas, 117 perak, dan 129 perunggu.(dya/din/ong)