TEREKAM: Terlihat pelaku (belakang) membawa motor curian Honda Vario tertangkap kamera pengawas.
JOGJA – Bagi pemilik kendaraan sepeda motor, perlu lebih hati-hati dan waspada. Karena saat ini, pencuri sudah berani mengambil motor di perumahan dan kos-kosan yang padat penduduk. Selain itu, dalam beraksi, para pencuri ini hanya butuh waktu beberapa detik untuk membawa kabur motor.
Hal itu seperti yang dialami seorang mahasiswa sebuah kampus swasta di Jogjakarta, Putut Kuncoro. Sepeda motor matiK miliknya dengan nomor polisi AE 2462 L raib saat ia sedang bermain di kos temannya di Jl Empu Triguna UH.5/794 Pandeyan, Umbulharjo, Kota Jogja (15/12). Aksi pencurian berhasil terekam kamera CCTV milik tetangga sebelah kos. Dari rekaman CCTV, tampak pelaku diduga ada 3 orang.
Kakak korban, Erwiana mengatakan, saat itu adikya sedang bermain di kos temanya. Kemudian sepeda motonya dipinjam untuk mengeprint dokumen oleh temannya. Setelah selesai dipinjam, motor dikembalikan dan diparkir di dalam gerbang dalam kondisi terkunci.
Tetapi saat korban akan pulang, tiba-tiba motor sudah tidak ada di tempat. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan sudah BAP. “Saya nekat datang lagi ke polsek sambil menunjukkan surat kehilangan itu kepada polisi. Saya minta untuk mau datang ke TKP untuk menyelidiki. Setelah ke TKP dan ternyata ada tetangga yang memiliki CCTV di depan rumahnya. Dari CCTV terlihat tiga orang, yang satu mengawasi dan lainnya membawa motor,” kata Erwiana kepada wartawan.
Ia menduga, pencuri lebih dahulu mengamati lokasi sekitar sebelum beraksi. Itu dilihat dari pembagian kerja para pencuri.
Kapolsek Umbulharjo Kompol Tri Adhi Hari membenarkan telah mendapat laporan pencurian tersebut. Saat ini jajarannya masih dalam proses penyelidikan untuk dapat menangkap pelakunya.
“Kepada masyarakat diharapkan tetap menjaga keamanan kendaraanya dengan dikunci ganda. Dan diletakkan di tempat yang dapat diawasi,” terangnya. (riz/jko/ong)