SLEMAN- Pelaksanaan Pilkada Sleman 2015 memang belum berakhir. Tetapi, hasil suara telah ditetapkan. Kini, tinggal menunggu penetapan pemenang dan pelantikan pasangan Sri Purnomo-Sri Muslimatun (Santun) sebagai pimpinan daerah Kabupten Sleman selama lima tahun ke depan.
Menanggapi itu, Ketua Tim Pemenangan Yuda (Yuni Setia Rahayu- Danang Wicaksana Sulistya) Koeswanto mengaku legawa dan menerima hasil final rekapitulasi KPU. Bahkan, sampai kemarin (17/12), tidak ada rencana untuk melakukan gugatan pilkada. “Kalah, ya, kalah,” ungkapnya.
Meski sempat ada perbedaan perhitungan, tetap saja tidak mengubah komposisi. Itu dikuatkan oleh keterangan saksi dari PDIP sendiri dari tingkat tempat pemungutan suara, desa, kecamatan, sampai kabupaten. “Semua perhitungan kami ikuti. Ya itu hasilnya dan harus diterima,” lanjut Koeswanto.
Menurutnya, kekalahan ini menjadi bahan evaluasi PDIP. Terlebih, semua jago yang diusung partai pemenang pemilu itu kandas di wilayah DIJ. “Ini jadi pelajaran penting bagi kami untuk evaluasi ke depan,”lanjutnya.
Meski mengaku legawa, bukan berarti Koeswanto tak menyoal “bercak noda” yang terjadi selama proses pilkada. Koeswanto berencana melaporkan dugaan penyalahgunaan kewenangan dan anggaran pemerintah untuk kepentingan pilkada.
Menurutnya, ada anggota dewan yang menggunakan dana reses untuk penggalangan massa. Laporan bukan akan ditujukan ke KPU maupun MK. Tapi ke kejaksaan. “Itu terjadi di Sidoarum, Godean,” bebernya.
Ketua KPU Kabupaten Sleman Ahmad Shidqi menuturkan, jika tidak ada gugatan pilkda dan aral rintangan lain, penetapan pemenang pilkada Sleman bakal dilakukan pada 21 Desember. “Jika ada yang menggugat lngsung dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi dalam tempo 3 kali 24 jam sejak hasilperhitungan suara ditetapkan pada Rabu (16/12),” paparnya.
Ketua Tim Pemenangan Santun Sadar Narima mengajak semua pihak bijaksana dalam menyikapi perhelatan pilkada. Apapun hasilnya,keputusan KPU merupakan final yang harus dipatuhi oleh siapapun yang terlibat dalam pilkada “Semoga suasana Sleman tetap aman dan kondusif hingga pelantikan bupati dan wakil bupati,” harapnya.(yog/din/ong)