SETIAKY A.KUSUMA/Radar Jogja
WAHANA BARU: Pengunjung menikmati wahana baru Taman Pintar Dino Adventure, kemarin (16/12). Wahana ini berisikan paleantologi atau menceritakan zaman Dinosaurus.
JOGJA – Perkembangan Jogjakarta sebagai tujuan pariwisata sudah cukup pesat. Berbagai wahana permainan untuk menarik wisatawan berkunjung ke provinsi ini pun beragam. Tak hanya Taman Pintar (Tampin) yang selama ini menjadi sains center di Indonesia, masih banyak destinasi wisata lainnya.
Kondisi tersebut membuat wahana bermain dan edukasi (Taman Pintar) terus berinovasi. Terlebih, wahana baru juga menawarkan berbagai permainan menarik bagi anak-anak.
“Seperti Taman Siswa yang sampai sekarang masih menjadi rujukan sistem pendidikan barat. Taman Pintar harus bisa tetap eksis,” pesan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti, di sela peringatan HUT Taman Pintar ke-7, dan peresmian Dino Adventure di Taman Pintar, kemarin (16/12).
HS, sapaan akrabnya, mengharapkan, branding Taman Pintar yang sudah dilakukan sejak 2004 silam sebagai wahana edukasi, harus dipertahankan. Tampin harus terus menampilkan peran sebagai sains center.
“Artinya, Taman Pintar harus terus mengembangkan teknologi. Di sinilah, anak-anak belajar teknologi dengan menyenangkan,” ujarnya.
HS menegaskan, perkembangan zaman merupakan sebuah keniscayaan. Taman Pintar harus benar-benar mengambil peran itu untuk mencerdaskan generasi muda. “Tagline­-nya Taman Pintar mencerdaskan dan menyenangkan. Itu harus terus dilakukan,” tambahnya.
Kepala Kantor Taman Pintar Yunianto Dwisutono mengatakan, di usia yang sudah tujuh tahun, eksistensi merupakan tantangan terbesar. Apalagi, di Tampin mengalami keterbatasan lahan. “Itu tantangan tersendiri bagi kami,” jelasnya.
Tapi, Yuni, panggilan karibnya, menambahkan, dengan terus melakukan pembaharuan terhadap wahana yang ada, ia yakin Tampin tak akan kalah dengan wahana permainan lain. Sebab, tak banyak wahana permainan yang juga memiliki visi edukasi.
“Pendidikan adalah roh kami. Wahana apa pun, selalu kami selipkan nilai-nilai edukasi,” katanya.
Dalam kesempatan peringatan HUT ke tujuh kemarin (16/12), Tampin menambah zona baru. Zona hasil kerja sama dengan PT Mahaka Atraction tersebut berupa Dino Adventure. Isinya sebuah wahana paleantologi atau menceritakan zaman Dinosaurus.
“Wahana baru ini, sebagai bentuk update Taman Pintar untuk menarik pengunjung,” jelas Yuni.
Direktur PT Mahaka Atraction Heriijanto Yudarta menerangkan, Dino Adventure baru satu-satunya yang ada di Indonesia. Di wahana ini, sangat komplet. “Ada video animasi, spesial efek. Ini merupakan sensansi bagi pengunjung,” katanya.
Dia menambahkan, di wahana ini juga lengkap memberikan informasi mengenai karakter masing-masing animasi. “Ada alat peraga orang berjalan untuk menjelaskan informasinya,” tambahnya. (eri/jko/ong)
SAMBUNGAN:
Wahana Baru Jadi Sensasi Pengunjung