GUNUNGKIDUL – Bupati baru, semua serba baru. Diam-diam Pemkab Gunungkidul menganggarkan kendaraan dinas untuk bupati terpilih periode 2015-2021. Tidak hanya mobil untuk bupati, namun ada delapan kendaraan dinas pelat merah lain yang dibeli.
Informasi yang dihimpun Radar Jogja, begitu dilantik bupati terpilih bakal menikmati fasilitas Toyota Camry seharga Rp 576 juta. Tidak hanya itu, pemkab juga membeli delapan mobil dinas baru. Rinciannya tiga unit Toyota Innova seri V dan lima unit Toyota Innova seri G. Mobil-mobil baru itu dibeli dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015.
“Informasi dari mana itu? Kalau saya, biar menggunakan kendaraan yang lama (Toyota Fortuner) saja,” kata Penjabat Bupati Gunungkidul Budi Antono saat ditemui di ruang kerjanya (14/12).
Meski enggan berbicara lebih jauh, Budi menyerahkan mobil Toyota Camry sebagai kendaraan dinas bupati baru. Pihaknya kemudian buru-buru menyudahi wawancara dengan alasan ada kepentingan dinas mendadak.
Sementara itu, Bidang Aset Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), membenarkan adanya pengadaan kendaraan dinas tersebut. Kepala Bidang Aset DPPKAD Gunungkidul Eka Widada mengatakan pembelian sembilan mobil baru memasuki tahap akhir. “Saat ini proses jual beli sudah selesai dan tinggal menunggu proses penyelesaian administrasi,” kata Eka.
Dia menjelaskan, minggu-minggu ini semua kendaraan yang dipesan sudah bisa dibawa ke Gunungkidul. Menurut dia, dari pihak dealer sendiri sudah menyatakan jika barang sudah siap dikirim.
“Total anggaran yang disediakan untuk pembelian kendaraan dinas baru sekitar Rp 3 miliar. Rinciannya untuk membeli sembilan mobil dinas dan enam unit sepeda motor baru,” terangnya. (gun/laz/ong)