MEMASUKI musim hujan seperti saat ini, daya tahan tubuh Anda akan dituntut bekerja lebih keras. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat agar bisa membantu tubuh menangkal penyakit saat musim dingin.
Tapi, ingat lho, tidak semua makanan cocok dimakan saat udara dingin menyerang. Berikut sejumlah makanan yang kurang layak dikonsumsi saat musim dingin, seperti dilansir laman India Times.
1. Susu
Susu menjadi penyebab penebalan lendir, susu juga bisa membuat Anda sulit menelan.
2. Kopi
Minuman seperti teh, kopi dan minuman ringan lainnya yang mengandung kafein merupakan diuretik yang mampu membuat tibuh Anda terdehidrasi. Nah, dehidrasi inilah yang menyebabkan pelendiran di hidung Anda bisa tebal. Karena itu baiknya Anda menghindari kafein dan minum air sebagai gantinya.
3. Daging
Daging dan telur mengandung banyak protein yang bisa menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan Anda. Sementara ikan dan unggas relatif lebih aman, daging merah tinggi lemak dan daging olahan terutama menyebabkan masalah ini, jadi cobalah untuk membeli daging yang organik dan belum diproses.
4. Lemak
Lemak dan minyak yang diperoleh dari produk hewani, seperti mentega dan omega-6 asam lemak bisa menyebabkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak lendir. Meskipun Anda memiliki flu atau batuk, hindari lemak ini dan tetap berpegang pada minyak nabati sebagai gantinya.
5. Kacang
Sementara kacang panggang kering tidak menyebabkan lendir, kacang berminyak bisa menyebabkan hal ini. Biji, kacang-kacangan, beras dan oatmeal juga menyebabkan produksi lendir, seperti halnya makanan seperti pasta, roti dan sereal olahan.
6. Histamin
Bagi Anda yang belum tahu, Histamin adalah zat yang membantu Anda melawan alergi. Mengonsumsi makanan yang mengandung histamin bisa menyebabkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak lendir di hidung. Agar tak tersumbat, hindari makanan yang mengandung histamin karena bisa memicu hidung Anda tersumbat.(fny/jpnn)