SETIAKY A.KUSUMA/Radar Jogja
HORMAT GRAK: Pengurus satuan karya dan badan kelengkapan Kwarda Pramuka DIJ dikukuhkan ketuanya GKR Pembayun di Bumi Perkemahan Babarsari, (12/12).

SLEMAN – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DIJ Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun terus memantapkan konsolidasi kepengurusan. Kini kepengurusan Kwarda Gerakan Pramuka DIJ dilengkapi dengan sejumlah satuan karya (saka). Termasuk Saka Kalpataru yang selama ini belum dimiliki. Saka Kalpataru Kwarda Gerakan Pramuka DIJ berpusat di kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIJ Jalan Tentara Rakyat Mataram Jogja.
Pengukuhan penguru Saka Kalpataru itu dilakukan Pembayun di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman (12/12). Selain itu, juga dikukuhkan badan kelengkapan Kwarda Gerakan Pramuka DIJ. “Saka Kalpataru ini memang baru pertama kali dibentuk,” ungkap Ketua Saka Kalpataru Kwarda Gerakan Pramuka DIJ Maladi di sela acara.
Setelah dikukuhkan, Maladi mengaku segera memantapkan kepengurusan untuk merumuskan program dan kegiatan Saka Kalpataru ke depan. Muara dari kegiatan Saka Kalpataru itu adalah mengkampanyekan peningkatan kesadaran cinta lingkungan kepada masyarakat. “Saka Kalpataru menjadi garda depannya,” lanjut pria yang sehari-hari menjabat sekretaris BLH DIJ ini.
Bersamaan dengan pengukuhan Saka Kalpataru itu, Pembayun juga mengukuhkan pengurus Saka Bhakti Husada. Sebagai ketua Saka Bhakti Husada adalah Sri Mukti Suhardini dan sejumlah wakil ketua.
Di antaranya Inni Hikmatin, Daryanto Chadorie, Ety Kumulowati, dan Hardiah Julianti. Empat nama tersebut sehari-hari menjabat kepala bidang di lingkungan Dinas Kesehatan DIJ. Sedangkan Dini, sapaan akrab Sri Mukti Suhardini menduduki posisi sekretaris Dinas Kesehatan DIJ. Selain itu sekretaris Saka Bhakti Husada dipercayakan kepada Ririn Puspandari yang saat ini menjabat kepala seksi promosi kesehatan dan kemitraan. Saka Bhakti Husada Kwarda Gerakan Pramuka DIJ ini berpusat di Dinas Kesehatan Jalan Tompeyan Jogja.
Selain Saka Kalpataru dan Saka Bhakti Husada, Pembayun juga mengukuhkan pengurus Saka Pariwisata. Satuan karya ini berpusat di Dinas Pariwisata DIJ Jalan Malioboro Jogja. Ketua Saka Pariwisata dijabat Rose Sutikno. Dia selama ini menjabat sekretaris Dinas Pariwisata DIJ. Dalam kepengurusan Saka Pariwisata itu juga duduk sejumlah kepala bidang dan seksi plus staf Dinas Pariwisata DIJ sebagai pengurus Saka Pariwisata Kwarda Gerakan Pramuka DIJ.
Kepala Dinas Pariwisata DIJ Aris Riyanto berharap keberadaan Saka Pariwisata itu makin memantapkan sinergi antara instansinya dengan Gerakan Pramuka dalam mengembangkan pariwisata di DIJ. “Promosi pariwisata memerlukan dukungan semua komponen,” ucapnya. (kus/jko/ong)