GUNAWAN/RADAR JOGJA
LAPANG DADA: Pasangan Benyamin Sudarmadi-Mustangid menggenggam tangan Badingah sebagai bentuk persahabatan, kemarin (10/12). Kedatangan mereka untuk mengucapkan selamat atas unggulnya pasangan Badingah-Immawan.
grafis-pilkada-gunungkidul
GUNUNGKIDUL – Para kandidat kepala daerah yang kalah dalam Pilkada 2015 di Gunungkidul menunjukkan sikap kesatrianya. Mereka mengucapkan selamat kepada petahana Badingah-Immawan Wahyudi karena unggul dalam perhitungan cepat (quick count). Bahkan di antaranya menyempatkan diri datang ke rumah Badingah di Purbosari, Wonosari, kemarin (10/12).
Mereka yang terlihat datang bersilaturahmi adalah kubu Benyamin Sudarmadi-Mustangid dan kubu pasangan nomor urut 3 Djangkung Sujarwadi-Endah Subekti Kuntariningsih. Kedatangan mereka untuk mengucapkan selamat kepada Badingah-Immawan, karena dinilai unggul dalam perhitungan suara sementara.
Pasangan Benyamin-Mustangid paling awal mendatangi rumah calon bupati petahana. Pasangan nomor urut 2 tersebut datang bersama dengan rombongan relawan. Mereka saling memuji dan sama-sama minta maaf.
“Ini bu Badingah saya telepon, SMS tidak ditanggapi. Jadi saya datang ke rumahnya,” kata Benyamin sambil tertawa renyah.
Kemudian Badingah mencoba meluruskan. Kata Badingah, belakangan ini telepon genggam miliknya eror. Banyak telepon dan SMS masuk sehingga alat komunikasi pribadinya rusak tidak dapat digunakan.
Saking banyaknya pesan dan telepon masuk, HP saya tidak bisa dibuka. Saya minta untuk diservis terlebih dahulu,” ucap Badingah kemudian disambut gelak tawa.
Meski lebih banyak guyonan, makna penting tersirat dalam pertemuan singkat tersebut. Kubu Benyamin mengaku siap mendukung pemerintahan Badingah-Imawan yang akan memimpin selama lima tahun ke depan. “Kami siap mendukung kepemimpinan Badingah-Imamawan dan membantu pelaksanaan program pembangunan,” ucap Benyamin yang mengenakan atribut baju kampanye berupa batik merah.
Badingah sendiri tersipu malu. Dia mengucapkan terima kasih, meski masih menunggu keputusan resmi dari KPU Kabupaten. Namun sesuai dengan program yang ada, pihaknya siap menjalankan tata kelola pemerintahan dan mengembangkan pariwisata serta geopark.
“Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih. Semua calon kepala daerah sudah menghubungi saya dan mengucapkan selamat,” ujarnya.
Tak lama berselang, calon wakil bupati (cawabup) dari PDIP, Endah Subekti Kuntariningsih dan Badan Pemenangan Pemilu PDIP Suharno giliran mendatangi kediaman Badingah. Meski tidak didampingi calon bupati Djangkung Sudarmadi, mereka tetap menunjukkan sikap bersahabat.
“Secara politik kabupaten dari DPC harus mendukung program pemerintah,” ungkapnya.
Selain itu, dari rekan-rekan fraksi juga menjalankan fungsi kontrol kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah. Endah mengakui, proses Pilkada 2015 telah berjalan dengan baik, santun, bersih. Bersama dengan Djangkung, selama kampanye sudah sosialsiasi maksimal kepada masyarakat. Namun ternyata amanah jatuh ke pihak lain. “Sudah menjadi pilihan rakyat,” ucapnya. (gun/ila/ong)