ISTIMEWA
UNTUK JOGJA: Tim polo air putri DIJ saat berlaga di Pra-PON yang berlangsung di kolam renang Pidada, Buleleng, Singaraja, Bali.
JOGJA-Tim polo air putri DIJ berhasil mengamankan posisi empat besar nasional. Hasil itu setelah di babak delapan besar mampu menumbangkan tim Sumatera Barat dengan skor telak 18-5.
Dengan hasil tersebut, tim polo air putri sudah aman mengantongi tiket PON 2016 di ajang Pra PON yang berlangsung di kolam renang Pidada, Buleleng, Singaraja, Bali.
Perjalanan tim polo air putri di babak kualifikasi Pra PON tidak mudah. Setelah mampu menang atas Sulawesi Selatan dengan skor telak 18-3 di pertandingan pertama, DIJ langsung dihadapkan dengan tim berat DKI Jakarta.
DIJ harus mengakui keunggulan tim DKI yang memiliki kecepatan permainan dengan power yang merata di semua pemain. Di pertandingan kedua, DIJ menunduk kalah dengan skor 1-25.
Kalah melawan DKI, tim DIJ tidak patah semangat. Percaya diri kembali mereka tunjukan ketika berhadapan dengan tim kuat Jawa Timur di pertandingan ketiga. DIJ pun mampu memetik kemenangan dengan skor 10-5. Dua kali kemenangan membuat DIJ menjadi runner-up grup A dan bertemu dengan Sumatera barat di babak delapan besar, Kamis (10/12) pagi.
Skor telak 18-5, menggiring DIJ melaju ke semifinal dan bertemu dengan Sumatera Selatan sebagai juara grup. Sumatera Selatan tercatat meraih hasil maksimal dengan memenangkan tiga pertandingan di babak penyisihan. “Melawan Sumatera Selatan pemain tidak boleh lengah, karena lawan adalah pemegang status juara grup,”ujar pelatih polo air putri DIJ Dede Wahyudi.
Dede mengatakan, sistem di polo air, penyisihan diambil tiga tim. Dua tim yakni runner-up dan posisi ketiga diadu silang antar grup. Sedangkan juara grup langsung masuk ke empat besar atau semifinal.
Melihat kondisi atletnya, Dede mengatakan, anak asuhnya dalam kondisi siap bertarung. Posisi masuk empat besar sudah memenuhi kriteria KONI DIJ menjadikan langkah para atlet menjadi lebih ringan untuk menyelesaikan Pra PON. “Di sisa pertandingan, seharusnya mereka bisa lebih lepas dan tenang dalam bermain,”ujarnya.
Keberhasilan tim putri mengantongi tiket PON 2016 menggenapi tim polo air putra sebelumnya yang masuk peringkat lima besar. Hasil itu sekaligus melengkapi prestasi Pengda PRSI DIJ setelah sebelumnya renang indah mampu menjadi juara umum pada Pra PON yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat.(dya/din/ong)