Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 dalam Pilwakot Magelang 2015, Sigit Widyonin dito- Windarti Agustina (Si Winner) unggul semen-tara atas dua lawannya. Ini berdasar hasil quick count yang dilakukan timnya
PASANGAN yang diusung PDIP dan Gerindra, didukung PAN, PKS, dan Hanura ini meraih sekitar 30.728 suara atau 48,69 persen. Ke unggulan ini langsung disikapi relawannya dengan memotong rambut ke-pala sampai gundul.”Berdasarkan data dari 209 TPS yang ada, kami unggul dengan perolehan 30.728 sua-ra atau 48,69 persen. Ini hasil hitung cepat kami, mulai pukul 14.00 sampai 18.00,” ungkap Suharyadi, Wakil Ketua Relawan Si Winner, ke marin (9/12).
Salah satu pendukung, Sopan Sofyan, 59, ikut potong rambutnya. Ia yang berasal dari Kampung Menowo, Kelurahan Kedungsari, Magelang Tengah ini dipotong rampungnya oleh Sigit Widyonin-dito.”Sudah nadzar saya, mencukur gundul kalau Pak Sigit menang. Dengan hati gembira, saya potong gundul bersama 10 relawan lainnya. Harapannya, kepempimpinan Pak Sigit ke depan semakin membuat maju Kota Magelang,” paparnya.Sigit menyambut baik hasil per-hitungan cepat timnya tersebut. Meski data tersebut, sifatnya masih sementara. Ia meyakini, hasilnya tidak akan jauh berbeda dari per-hitungan riil KPU Kota Magelang. “Masih sementara. Hasil resminya tetap kami menunggu KPU.
Meski begitu, saya bangga pada para tim sukses dan relawan yang sudah bekerja keras melaksanakan quick count ini. Tentunya bekerja keras memenangkan Pilkada serentak ini,” jelasnya.Kemenangan sementara ini, menurut Sigit menunjukkan ke-percayaan masyarakat masih cukup besar padanya. Hal ini pun sinyal bahwa, ia dan wakilnya diharap dapat melanjutkan program yang baik dan membuat Kota Magelang maju.”Ini bukan hanya untuk kita saja, tetapi rakyat. Ini amanah yang harus dijalankan. Rakyat ingin kami melanjutkan program yang baik. Maka, kami pun patut bersyukur,” tegasnya.
Sementara itu, paslon nomor urut 2 Moch Haryanto-Agus Susatyo (HARUS) hanya meraih 18,70 persen atau 11.799 suara. Sedangkan paslon dari jalur independen dengan nomor urut 3, Joko Prasetyo-Priyo Waspodo (Segoro Joyo) meraih 32,61 persen atau 20.577 suara.
Sementara itu, dari data real count relawan HARUS, Si Winner meraih angka lebih tinggi. Yakni, sekitar 31.288 atau sekitar 49,91 persen.
Sedangkan HARUS sendiri hanya 11.984 atau 19,12 persen dan Se-goro Joyo dengan perolehan 20.622 suara atau 32,90 persen. Daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Magelang berjumlah 89.112 orang dengan 209 tempat pemungutan suara (TPS).”Dari perolehan tersebut, praktis surat suara yang terpakai hanya 62.687 atau sekitar 22.862 surat suara yang tidak terpakai. Di tambah sekitar 3.638 surat suara yang rusak. Artinya, tingkat golput cukup tinggi,” kata Edi Purnomo, Tim IT Relawan HARUS. (dem/hes/ong)