SPERMA selama ini lebih akrab dikenal fungsinya dalam proses pembuahan sel telur. Namun, tahukah anda bahwa sperma memiliki sisi menarik lainnya yang baiknya harus anda ketahui.?
Berikut beberapa hal tentang sperma yang harus diketahui, bukan hanya oleh kaum Adam, kaum Hawa pun boleh tahu tentang sperma.
1. 10 persen dari gen Anda dikhususkan untuk produksi sperma
” Ada sekitar 24.000 gen dalam tubuh, tetapi pada pria sekitar 10 persen dari mereka dikhususkan untuk produksi sperma,” kata Director of Male Reproductive Medicine and Surgery at Stanford University Medical Center, Michael Eisenberg, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (8/12). Kekayaan dari gen ini bisa menjadi bagian dari alasan mengapa sperma bervariasi.
2. Kehidupan sperma berlangsung lebih dari tiga bulan
Dibutuhkan sekitar dua sampai tiga bulan bagi sperma untuk sepenuhnya matang. Sperma dimulai dalam tubulus seminiferus di testis. Setelah mereka mengembangkan kepala dan ekor, mereka pindah ke epididimi, yang melingka dan terletak di belakang testis.
Sperma membutuhkan sekitar tiga minggu untuk melewati epididimis dan akan sepenuhnya matang setelah mencapai akhir. Dalam tubuh wanita, sperma bisa hidup hingga tujuh hari. Hal ini penting karena telur yang tersedia untuk pemupukan hanya bertahan sekitar 12 sampai 24 jam setelah dibebaskan dari ovarium.
3. Vagina merupakan lingkungan yang keras untuk sperma
Rata-rata pria berejakulasi sekitar 3 ml atau setengah sendok teh air mani. Fungsi cairan ini untuk mendukung sperma meluncur mulus selama perjalanannya untuk bertemu sel telur. ” Bahkan perlu volume cairan ejakulasi yang lebih untuk menghadapi kerasnya lingkungan vagina,” kata Eisenberg.
Tubuh beberapa wanita bahkan menyerang sperma sebagai penjajah dan menghalangi sperma untuk bertemu dengan sel telur. Reaksi ini terjadi sebagai akibat dari sperma yang datang ke dalam area kontak aliran darah wanita yang sangast sensitif ketika infeksi.
4. Hampir setengah cairan sperma tidak pernah bergerak/pindah
Ketika Anda memikirkan sperma, Anda berpikir perenang kecil, menggerakkan ekor panjang memang beberapa sperma bergerak dengan cara ini. Tetapi banyak yang tidak. Rata-rata hanya sekitar 50 sampai 60 persen dari sperma yang bergerak.
5. Sperma bisa menjelaskan kondisi kesehatan Anda
Kesehatan sperma pria bisa mengatakan sesuatu tentang kesehatan umum dan kesejahteraan.
” Jika Anda tidak sehat, saya pikir itu bisa tercermin dalam potensi reproduksi,” kata Eisenberg.
Massa tubuh yang tinggi, kualitas tidur yang buruk, stres tinggi, merokok dan penyakit jantung semua terkait dengan kualitas sperma yang lebih rendah.
6. Apa yang terjadi dengan umur
Pria membuat sperma sepanjang kehidupan mereka, tetapi kualitas sperma cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Ketika laki-laki bertambah tua, maka cenderung terjadi penurunan volume ejakulasi (tapi tidak konsentrasi), gerakan sperma, dan jumlah sperma.(fny/jpnn)