LEBIHdari 5 juta orang Amerika memiliki penyakit Alzheimer. Sementara banyak dari kita yang akrab dengan gejala umum alzheimer seperti kehilangan memori, tanda-tanda peringatan dini potensi lain dari penyakit ini mungkin akan mengejutkan Anda.
“Masing-masing dari tanda-tanda ini mungkin berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Yang penting adalah untuk tidak mengabaikan sinyal-sinyal ini,” kata director of family and information services for the Alzheimer’s Association, Ruth Drew, MS, seperti dilansir laman Safebee, Kemarin.
Berikut ini tanda-tandanya.
1. Tertawa tidak tepat
Misalkan Anda memberitahu suami Anda tentang peristiwa menyedihkan di tempat kerja. Anda mengharapkan empati dan mungkin pelukan, tetapi Anda malah mendapatkan tawa sebagai gantinya. Drew mengatakan ini mungkin merupakan tanda awal Alzheimer. Dia telah mendengar banyak cerita tentang kegembiraan yang tidak pantas dan tanggapan aneh lainnya pada orang yang kemudian didiagnosis dengan Alzheimer.
2. Kehilangan indra penciuman
Beberapa studi menunjukkan bahwa kehilangan indera penciuman mungkin sinyal penurunan mental. Pada bulan November 2015, sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Neurology menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang memiliki skor paling rendah di tes bau adalah 2,2 kali lebih mungkin untuk mulai mengalami masalah ringan dengan memori mereka.
” Jika mereka sudah memiliki masalah memori, mereka lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit Alzheimer,” kata Rosebud Roberts, MB, peneliti utama dan profesor neurologi di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.
3. Sering jatuh
Sementara orang dewasa yang lebih tua lebih rentan terhadap jatuh daripada orang dewasa muda pada umumnya, sering jatuh juga bisa menjadi tanda peringatan awal Alzheimer, menurut para peneliti dari Washington University di St Louis.
4. Perubahan dalam kebiasaan makan
Pada awal Alzheimer, termasuk kasus-kasus yang belum didiagnosis, seseorang bisa makan terus atau hampir tidak sama sekali.
5. Apatis
Apatis sering menjadi tanda otak tidak memproses informasi secara normal.
6. Tidur yang terganggu
Drew mengatakan dia telah mendengar banyak laporan dari tidur yang terganggu pada orang yang kemudian didiagnosis dengan penyakit Alzheimer.(fny/jpnn)