BAGI para wanita mendapatkan menstruasi yang teratur adalah hal yang melegakan karena berarti kesehatan mereka tidak terganggu, namun tidak sedikit wanita yang merasa khawatir dan sering sekali mengalami menstruasi yang tidak teratur.
Kebanyakan wanita menandai menstruasinya lancar atau tidak berdasarkan tanggal pada tiap bulan. Tidak lancarnya menstruasi juga bisa jadi pertanda yang tidak baik bagi kesehatan para wanita.
Biasanya penyebab menstruasi yang tidak teratur dikarenakan beberapa hal seperti faktor psikologis atau juga bisa karena hal yang buruk sekalipun seperti adanya suatu penyakit.
Sebenarnya ada sejumlah alasan untuk terlambat haid selain kehamilan. Berikut ini beberapa alasannya.
1. Anda kehilang berat badan
Prubahan berat badan adalah salah satu alasan yang lebih umum siklus haid menjadi tidak teratur. Jika Anda baru saja kehilangan atau naik berat badan, maka periode haid Anda bisa menjadi tidak teratur.
“Perubahan berat badan, terutama ketika datang untuk menurunkan berat badan, bisa menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang. Ketika tubuh Anda underweight atau kelebihan berat badan, kadar estrogen Anda berubah dan Anda mungkin tidak melepaskan telur dan memiliki periode reguler sebagai hasilnya,” kata asisten profesor kebidanan dan ginekologi, Mary Rosser, seperti dilansir laman Health.
2. Olahraga berlebihan
Sama seperti perubahan berat badan besar, olahraga ekstrim juga bisa menggangu hormon reproduksi Anda menjadi tidak sinkron.
Anda lihat hal ini banyak terjadi pada pelari maraton atau penari balet. Stres pada tubuh bisa mengubah siklus menstruasi Anda, terutama ketika ia berkaitan dengan penurunan berat badan.
3. Anda sedang stres
Bukan hanya stres fisik yang bisa mengacaukan siklus haid Anda namun juga stress mental. Jadi jika Anda akan melalui waktu yang sangat sibuk di tempat kerja atau menangani situasi pribadi yang sulit, jangan heran jika haid Anda mnejadi tidak teratur.
4. Obat Anda
Obat-obat tertentu kadang-kadang harus disalahkan untuk ketidakteraturan menstruasi. Perempuan yang mengonsumsi obat antidepresan, obat kemoterapi dan obat psikiatri lain mungkin mengakibatkan ketidakteraturan pada haid Anda.
KB Anda juga bisa disalahkan karena bisa membuat lapisan dalam rahim tipis dan kadang-kadang pasien akan kehilangan periode sebagai hasilnya.
5. Masalah tiroid
Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif (kelenjar di leher Anda yang membantu mengatur metabolisme dan suhu tubuh) bisa berdampak pada siklus haid Anda.
” Ketika kadar hormon tiroid menjadi luar biasa tinggi atau rendah maka hal ini bisa menyebabkan perubahan menstruasi,” kata Dr Rosser.(fny/jpnn)