DEWI SARMUDYAHSARI/RADAR JOGJA
BERSELANCAR: Karakteristik ombak yang besar membuat Pantai Pulau Merah menjadi tempat favorit untuk berselancar.

MASIH di kawasan Jawa Timur, terdapat pantai yang layak untuk didatangi. Dari namanya, pantai yang satu ini terbilang unik, Pulau Merah. Pantai yang berada di Sumber Agung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki daya tarik pulau kecil yang biasanya disebut Pulau Merah. Pulau kecil menyerupai pegunungan ini berada di satu sisi tengah pantai dengan hamparan pasir sejauh tiga kilometer. Pantai ini memang cukup luas dengan dikelilingi barisan gunung di timur pantai.
Pantai ini memiliki karakteristik ombak besar, tak heran jika banyak wisatawan asing yang menjajal ombak di pantai ini. Tak hanya turis asing, wisatawan lokal juga banyak yang meluapkan hobi berselancarnya di sini. Kondisi ombak yang sangat cocok bagi para peselancar, membuat pantai ini menjadi destinasi peselancar untuk memompa adrenalin. Sehingga tidak sedikit orang menyebut pantai ini sebagai Kuta-nya pulau Jawa.
Bagi yang tak bisa berselancar, tak masalah. Karena pantai ini juga punya pesona sunset yang indahnya mampu menentramkan jiwa. Apalagi menikmatinya sembari menyeruput kelapa muda segar. Berenang, main bola atau voli pantai akan semakin asyik karena ruang pasir di pantai ini sangat luas.
Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata yang sangat lengkap, mulai dari tenda-tenda istirahat, rumah makan, dan kamar mandi. Juga penginapan yang sangat mudah ditemui di sepanjang jalan menuju pantai. (dya/ila/ong)