logo-bri

Dalam Pelayanan SIM Online 2015

JOGJA – Direktorat Lalu Lintas Polda DIJ meluncurkan SIM online di Tugu Jogja, kemarin. Launching SIM online yang dimotori Mabes Polri dilakukan secara serentak bersama Ditlantas Polda se-Indonesia. Itu sebagai respons atas keinginan masyarakat yang ingin memperpanjang sim tanpa harus pulang kampung halamannya.
Menyukseskan program SIM online 2015 ini Mabes Polri bekerjasama dengan Bank BRI. Bank milik pemerintah ini dianggap sanggup mengintegrasikan antara server data Polri dengan server data kependudukan Kementerian Dalam Negeri.
Kementerian Keuangan ikut dilibatkan. Sebab, program ini juga terkoneksi dengan server Data Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Itu terkait dengan setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) Generasi 2 secara Real Time Online, Centralized, dan Integrated. Sehingga, memudahkan masyarakat dalam pengurusan pembuatan dan perpanjangan SIM.
“Pembayaran biaya SIM dilakukan melalui BRI,” kata Wakil Pemimpin Wilayah BRI Jogjakarta, Djoko Karyono disela-sela acara Lauching SIM online di Tugu Pal Putih Jogja, kemarin (6/12).
Launching SIM online dilakukan serentak oleh Mabes Polri di 45 SATPAS se-Indonesia dan dipusatkan di area Parkir Timur Senayan di Jakarta. Menurut Djoko, SIM Online Polri 2015 merupakan penyempurnaan dari pelaksanaan pelayanan SIM yang sebelumnya lebih dulu diterapkan di Satpas se-Indonesia. Sehingga, pembuatan dan perpanjangan SIM dapat dilakukan di Satpas/Gerai SIM/SIM keliling dimana saja. Misalnya, warrga Surabaya bisa melakukan perpanjangan SIM di SATPAS Jakarta atau Jogja.
Djoko menambahkan, sebagai bank milik pemerintah, BRI memiliki tenaga yang handal serta didukung infrastruktur, jaringan, dan aplikasi yang sangat memadai. Apalagi, dalam waktu dekat BRI akan meluncurkan satelit yang dikelola dan dioperasikan oleh BRI sendiri untuk kepentingan infrastruktur jaringan komunikasi nasional. Selain itu, pengembangan sistem secara online, centralized, dan integrated oleh BRI menambah keunggulan dari program SIM Online 2015.
“Pengisian formulir registrasi pembuatan dan perpanjangan SIM dilakukan secara computerized sehingga masyarakat tidak perlu lagi melakukan pengisian formulir secara hard copy,” ungkapnya.
Pembayaran pengurusan SIM juga cukup mudah yaitu dapat dilakukan melalui teller di Unit Kerja Bank BRI diseluruh Indonesia, E-Channel Bank BRI seperti ATM BRI, EDC BRI dan Internet Banking BRI. Apalagi, saat ini Bank BRI memiliki 10.551 unit kerja, 21.685 ATM BRI, 156.096 EDC BRI dan1,88 juta pengguna Internet Banking BRI.
“Sebagai bentuk dukungan terhadap launching SIM Online, BRI mempersembahkan 120 SIM gratis kepada 120 orang pemohon yang beruntung. Program ini dalam rangka HUT BRI Ke-120 Tahun pada 16 Desember 2015 nanti,” jelasnya. (mar/ila/ong)