MAGELANG – Tiga Pasangan C alon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Pilkada 2015bersama mendeklarasikan “Magelang Patuh Pajak.” Kegiatan ini difasilitasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang. Mereka berkomitmen untuk patuh pajak. Tidak hanya itu, mereka komit mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Magelang untuk taat membayar pajak. Kegiatan ini disaksikan KPU dan Panwas Kota Magelang.
Hadir pada acara tersebut, , Windarti Agustina, calon Wakil Wali Kota Magelang paslon nomor urut 1. Kemudian paslon nomor urut dua hadir lengkap. Yakni, Moch Haryanto dan Agus Susatyo. Sementara nomor urut 3 dihadiri Calon Wakil Wali Kota Magelang Priyo Waspodo.
Ketiganya bersama mengucap deklarasi bersama. Isinya, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang periode 2016-2021 berjanji akan mewujudkan “Magelang Patuh Pajak.”
Kepala KPP Pratama Magelang Agustinus Dicky Haryadi mengatakan, deklarasi bertujuan membuat komitmen dengan calon pemegang kekuasaan eksekutif agar bisa mengelola uang pajak secara baik. Pajak yang terhimpun dalam APBD setiap tahun harus dirasakan masyarakat.
“Bentuknya ketersediaan fasilitas barang dan jasa publik yang memadai. Deklarasi ini awal upaya meningkatkan kepatuhan pajak, sekaligus merintis kerja sama dalam rangka meningkatkan kapasitas fiskal (anggaran) di Kota Magelang,” papar Agustinus kemarin (1/12).
Ia menjelaskan, peningkatan kapasitas fiskal sangat diperlukan memperbesar kemanfaatan dana APBD bagi masyarakat. Hal ini bisa dicapai melalui peningkatan PAD dan penghasilan lain-lain, maupun peningkatan dana perimbangan dari pemerintah pusat.
“Peningkatan dana perimbangan, antara lain melalui peningkatan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) dan Pajak Penghasilan Pasal 21 atau PPh atas gaji karyawan,” katanya.
Target penerimaan pajak KPP Pratama Magelang tahun ini sebesar Rp 733,747 miliar dengan realisasi Rp 482,203 miliar atau 65,72 persen. Untuk target penerimaan PPh OP sebesar Rp 96,941 miliar atau hanya 13,21 persen.
“Realisasinya sudah mencapai 61 persen dengan pertumbuhan sebesar 20,48 persen. Kontribusi terhadap APBD Kota Magelang dari PPh OP ini Rp 6,227 miliar. Ke depan, penerimaan PPh OP bisa bertambah dengan melihat potensi yang ada,” katanya.
Ketua KPU Kota Magelang Basmar P. Amron menyambut baik adanya deklarasi Magelang Patuh Pajak ini. Menurutnya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang terpilih nantinya menjadi representasi masyarakat kota secara keseluruhan.
“Kami harap, setelah terpilih bisa mengajak masyarakat untuk patuh membayar pajak. Pajak dibayarkan masyarakat dan akan kembali juga ke masyarakat,” kata Basmar.(dem/hes/ong)