KOMPAK: SMAN 3 Jogja memberikan kemampuan terbaiknya pada LBB tingkat provinsi, Minggu (22/11).
SMAN 3 Jogja atau Padmanaba dan SMP 5 Jogja atau Pawitikra masing-masing meraih juara pertama, kategori SMA dan SMP. Mereka menang dalam Lomba Baris Berbaris (LBB) tingkat Provinsi Jogjakarta. LBB tersebut digelar di Kompleks Mandala Krida, Minggu (22/11). LBB didukung Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pen-didikan Jogja bersama Purna Paskibraka DI Jogjakarta.
LBB tingkat provinsi tersebut mengambil tema Menyongsong Masa Depan dengan Budaya Kerja bersama Pemuda yang ber-Pancasila. Pemuda harus bekerja, bekerja berarti berkarya, berkarya berarti meng-hasilkan karya yang nyata. “Pemuda sebagai generasi penerus harus bisa menjadi pionir pengawal dasar negara ini,” ujar Akhditia Citratami, wakil ketua acara.LBB diikuti 59 peleton (30 peleton SMA dan 29 peleton SMP).
Masing-masing pele-ton terdiri dari 30 anggota, satu komandan, dan empat cadangan. Peserta keseluruhan sebanyak 2.065 pelajar se-Jogjakarta.LBB 2015 berupa lomba gerakan baris-berbaris dikemas dalam sistem pos. Seluruh peserta diharap bias melakukan gerakan baris dengan benar sesuai Peraturan Baris Berbaris Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) No. SKEP/611/X/1985, tanggal 8 November 1985.
Penilaian dititikberatkan pada kebenaran teknik dan keserempakan gerakan dalam satu peleton. Sistem penilaian dilakukan 24 dewan juri dari Korem 072/Pamungkas, Denpom Jogjakarta, Yonif 403, Lanal Jog-jakarta, AAU, Lanud Adisucipto, Paskhas Jogja, Polda Jogjakarta, dan Satbrimobda Jogja. (val/iwa/0ng)