Dok JCM for Radar Jogja
SIGAP: Peserta simulasikan penanggulangan kebakaran berusaha memadamkan api dengan kain basah di area dropoff Jogja City Mall, kemarin (12/11).
JOGJA – Untuk meningkatkan kemampuan dasar dan teknik penanggulangan kebakaran, Jogja City Mall (JCM) menggelar Basic Fire Fighting (Penanggulangan Kebakaran). Pelatihan terbagi dalam dua sesi, yaitu teori yang diadakan pada Rabu (10/11) bertempat di Ballroom The Sahid Rich Hotel, dan sesi simulasi pada Kamis, (12/11) berlokasi di area dropoff Jogja City Mall.
General Manager Jogja City Mall, Handoyo K. Setyadi mengatakan, simulasi penanggulangan kebakaran ini melibatkan seluruh karyawan management, security, housekeeping, engineering, parking dan perwakilan seluruh tenant dengan total kurang lebih 330 orang. “Simulasi ini memberikan pelatihan tentang kesiapan, kesigapan serta pemahaman kepada seluruh tenant dan manajemen agar jangan panik jika ada kebakaran dan menciptakan sebuah sinergi antara pengelola gedung, pengunjung atau masyarakat dan seluruh tenant. Ketiga komponen itu harus bersinergi,” jelasnya.
Sesi simulasi dimulai melalui paging system, di mana seluruh petugas dan karyawan Jogja City Mall langsung melakukan proses evakuasi melalui tangga darurat yang ada di area mal menuju asembly point di area drop off. Selanjutnya Dinas Pemadam Kebakaran dihubungi via telepon, dan segera meluncur ke Jogja City Mall dengan kendaraan pemadam kebakaran dengan posisi sirene menyala. Skenario dalam sesi simulasi ini terdapat 2 korban di dalam area tenant dan mengalami luka.
Dalam simulasi kali ini, Jogja City Mall bekerja sama dengan Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman dan didukung oleh Polsek Mlati, dan PMI Kabupaten Sleman. “Basic Fire Fighting ini nantinya akan dilakukan secara rutin dan berkala sebagai salah satu bentuk kepedulian kami atas keamanan dan kenyamanan pengunjung yang berbelanja di area Jogja City Mall,” tutup Handoyo.(sce/met/jko/ong)