Gunawan/Radar Jogja
LEGA: Pasangan cabup-cawabup dari Gerindara Subardi –Wahyu tiba di kantor KPUD Gunungkidul untuk mendaftarkan diri dalam pilkada, kemarin (28/7).
 
Pendaftaran calon bupati-wakil bupati dari Partai Gerindra diiringi perasaan was-was pasangan Bardi TS-Wahyu Purwanto. Pasalnya, rekomendasi dari DPP partai berlambang garuda itu turun di saat menit-menit akhir pada hari terakhir pendaftaran pasangan calon (paslon).
Seperti diketahui, rekomendasi yang ditandatangani Prabowo Subiyanto selaku ketua umum partai, hukumnya wajib ada pada saat pendaftaran paslon. Subardi ST nampak tidak tenang lantaran pada saat arak-arakan becak dan andong menuju kantor KPU, SK rekomendasi belum di tangan. Dia sempat menghubungi salah satu tim sukses Iwan Busro Hasan melalui sambungan telepon menanyakan SK rekomendasi.
“Ini masih di perjalanan, tenang saja, biar rombongan memutar kota nanti kan pas,” kata Iwan Busro saat dikonfirmasi usai menerima telepon dari Subardi. Di tengah degup jantung kencang, kabar gembira itu datang. Selang beberapa jam kemudian dua petinggi Gerindra DIJ Sinarbiyat Nurjamat serta Sekjen DPD Gerindra DIJ Darma Setiawan tiba di kantor Gerindra. Setelah berbicang sejenak, keduanya menunjukkan sebuah SK rekomendasi dari DPP Gerindra yang ditandatangani Prabowo Subiyanto bersama Sekjennya Saiful Muzani tertanggal 22 Juli 2015.
Begitu rombongan pawai tiba di kantor KPUD Subardi-Wahyu mulai bisa tersenyum. Dia turun dari delman. Pasangan ini mengenakan pakaian dengan setelan rapi berwarna putih. Kedatangannya diterima langsung oleh tim dari KPUD. Pendaftaran langsung dilakukan dan semua persyaratan wajib, termasuk dukungan dari parpol koalisi juga ditunjukkan. Beberapa parpol yang mengusung pasangan Subardi TS- Wahyu Purwanto adalah Gerindra, PKS, Demokrat serta PKB.
Ketua DPC Partai Demokrat Gunungkidul Junendro mengaku optimistis pasangan yang diusung menang di pilkada. Menurut dia, sosok Subardi-Iwan sangat tepat untuk memimpin Bumi Handayani menuju masyarakat sejahtera. “Bukan kita meremehkan lawan, namun kita optimistis menang,” kata Junendro.
Terpisah, Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ikshan memastikan jumlah peserta pilkada tahun ini ada empat pasangan. Karena itu pihaknya langsung meneruskan proses penjadwalan dengan melakukan tes kesehatan bagi paslon. “Kita bekerjasama dengan IDI DIJ dan pihak RSUD Wonosari untuk tes kesehatan ini dilakukan besok (hari ini, Red),” kata M Zainuri Ikhsan. (gun/laz)