HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA -PANGAN AMAN: Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo bersama Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM R Suratmono dan Kepala Balai Besar POM Provinsi DIJ I Gusti Ayu Adhi Aryapatni dalam road show GKDP di Banjaroya, kemarin (23/4). 
KULONPROGO – Desa Banjaroya, Kalibawang dijadikan sebagai pilot project desa pangan aman (Desa Paman) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Dunia 2015 dan Bulan Keamanan Pangan Nasional, BPOM RI dan DIJ menggelar road show Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD). Bertempat di Gedung Lentera Kasih, Pedukuhan Pantig Wetan RT 02 RW 04, Desa Banjaroya, Kalibawang, kemarin (23/4).
Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM RI Suratmono menjelaskan, road show ini bertujuan meningkatkan keamanan pangan di Indonesia melalui kampanye peningkatan kesadaran. Juga mendorong masyarakat untuk mampu memastikan pangan yang aman untuk dikonsumsi secara mandiri.
“GKPD merupakan program yang sangat positif bagi masyarakat Indonesia untuk mengingatkan kembali pentingnya keamanan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Diharapkan pemkab menjadi koordinator kelangsungan sosialiasi program GKPD ini,” jelasnya.
Kepala Balai Besar POM Provinsi DIJ I Gusti Ayu Adhi Aryapatni menambahkan, Banjaroya merupakan satu dari banyak daerah baru yang dijangkau BPOM untuk mengkampanyekan GKDP. “Desa Banjaroya juga diharapkan menjadi pilot project Desa Paman (Desa Pangan Aman). Inisiatif ini sebagaimana amanat UU No 18 Tahun 2012 tentang pangan yang menjadi kebutuhan dasar manusia paling utama dan pemenuhannya sebagai bagian dari hak asasi manusia,” ujarnya.
Aryapatni menuturkan, kemitraan BPOM dengan pemkab Kulonprogo melalui PKK menjadi bagian dari komitmen bersama dalam mengedukasi masyarakat. Pemberdayaan dilakukan untuk meningkatkan kemandirian dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perorangan.
Dijelaskan, indikator Desa Paman berupa hadirnya kader keamanan pangan desa yang aktif membimbing dan mengedukasi masyakarat desa setempat. Desa Paman ini akan menjadi model atau replikasi bagi kota dan kabupaten lainnya sebagai basis peningkatan keamanan pangan.
Bupati Hasto Wardoyo menyambut baik kemitraan BPOM serta kepedulaiannya terhadap Kulonprogo untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat melalui pangan aman. Pembangunan desa, khususnya pada bidang pangan memang memerlukan pendekatan kemitraan lintas sektoral. “Guna memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat,” tandas Hasto. (tom/ila/Nr)