FRIETQI SURYAWAN/RADAR JOGJA
LEBIH MEGAH: Selubung tulisan Stadion DR H Moch Subroto dan fotonya dibuka di Tribun Timur saat peresmian pergantian nama yang sebelumnya bernama Stadion Madya. 
MAGELANG – Pemkot Magelang meresmikan pergantian nama Stadion Madya di Kampung Sanden Kramat Selatan. Kini, stadion ini berubah men-jadi Stadion Dr H Moch Soebroto.Peresmian dan pencanangkan pemanfaatan hasil pembangunan Tahun Anggaran (TA) 2014 tersebut dilakukan bertepatan selesainya pembangunan stadion sepak bolatahap ke-6. Yakni, dengan berdirinya Tribun Utara.”Selama ini, masyarakat mengenal sebagai Stadion Madya. Kini berubah nama menjadi Stadion Dr H Moch Subroto,” kata Sekda Sugiharto kemarin (24/2).Dikemukakan, program dan kegiatan yang dilaksanakan pada TA 2014 ter sebut ada 188 program
Ini terdiri atas 2.932 kegiatan dengan anggaran sebesar Rp 402,472 miliar.Rinciannya, fisik konstruksi sebanyak 298 kegiatan dengan dana Rp 50,659 miliar. “Termasuk di dalamnya pembangunan sta-dion hingga tahap ke-6. Sedang kegiatan fisik nonkonstruksise-banyak 2.634 kegiatan dengan dana Rp 351,813 miliar,”paparnya.Sedangkan nama yang dipilih untuk menghormati Moch Subroto, wali Kota yang me-mimpin Kota Magelang periode 1971-1981. “Wali Kota Moch Subroto juga merupakan pembina klub gala-tama saat itu. Kota Magelang pernah memiliki klub yang ber-laga di kasta tertinggi sepak bola,” katanya.
Peresmian stadion dimeriahkan dengan Tarian Kolosal Rampak Klinting yang mengambil dasar dari karakter gerak Tarian Topeng Ireng yang berkembang pesat di Kota Magelang. Tarian ter sebut ditarikan 300 siswa SMA dan SMK se-Kota Magelang. Di antaranya, dari SMK 17, SMKN 1, SMKN2, SMK Citra Medika, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMA Kristen Pen-dawa, dan SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. “Tarian ini merupakan bentuk penggam-baran dinamika dan semangat perjuangan generasi muda dalam mencari bentuk dan mengejar cita-cita. Juga wujud tanggung jawab pada generasinya sen-diri,” ungkap Gepeng Nugroho, salah satu sutradara Rampak Klinting.Pada acara tersebut, jugadi-meriahkan pertunjukkan 20 pesawat aeromodeling. Wali Kota Sigit Widyonindito juga berkenan menandatangani dua prasasti proyek. Kemudian, di-lanjutkan penekanan tombol sirine disertai terbukanya se-lubung tulisan Stadion DR H Moch Subroto serta fotonya di Tribun Timur. (dem/hes/ong)