WONOSARI – Forum Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Gunungkidul menggelar peringatan ulang tahun ke- 7 Partai Gerindra secara besar besaran kemarin (8/2). Tak hanya sekadar perayaan, agenda utama mereka adalah mengusung purnawirawan Polri untuk menjadi kandidat bakal calon bupati Gunungkidul mendatang.Ketua panitia harlah Gerindra ke-7 Sargiman mengatakan, forum ini diikuti sebanyak 13 PAC.
Dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan agenda resmi dari forum PAC. Pihaknya memiliki cara untuk merasa memiliki partai besutan Prabowo Subianto itu. “Sebagai wujud kebanggaan kami dengan partai, maka kami gelar agenda ini,” kata Sargiman kemarin (8/2).Menurut dia, semua anggota forum PAC memiliki SK resmi dari DPP dan juga DPD. Dengan demikian, semua masih menjadi bagian Partai Gerindra. “Semua pengurus Partai Gerindra kami undang juga. Kalau masalah datang atau tidak itu bukan hak kami menjawabnya,” ujarnya.
Namun diakui, DPC Partai Gerindra membuat SK baru tanpa persetujuan DPP dan juga DPD yang membuat suasana sedikit kacau. Itu artinya, ada SK ganda dan pihaknya tidak peduli, karena PAC juga mengantongi SK yang sah.Hal senada disampaikan Sekretaris Forum PAC Partai Gerindra Anton Nurcahyono. Dia menjelaskan, agenda harlah merupakan inisiatif bersama. “Kalau masalah ada nama Iswanto, itu masalah lain. Beliau sudah mau kulanuwun dan siap membesarkan partai. Karena potensial akan kami ajukan ke DPP dan DPD,” terangnya.
Kata Anton, kapabilitas Iswanto tidak diragukan lagi. Bahkan dari 18 PAC di Gunungkidul 13 di antarnya mendukungnya. Untuk itu forum PAC mengusulkan agar yang bersangkutan menjadi kandidat cabup.Iswanto sendiri mengaku masih melangkah awal. Sebagai orang baru, dia harus mengetuk pintu kepada Partai Gerindra. Jika dibukakan pintu, dia akan masuk.Menurutnya, konsenstrasi saat ini adalah ingin masuk ke dunia politik dan bergabung di Partai Gerindra. “Kalau maslah jadi cabup, masih panjang, kami lihat dulu bagaimana masyarakat mau menerima atau tidak,” ucap mantan Kasatreskrim Gunungkidul ini.
Usai purna dari kepolisian, dia berusaha keras untuk berbagi pengetahuan pertanian dengan masyarakat dengan pola pertanian organik.Sementara itu Ketua DPC Gerindra Gunungkidul, Ngadiyono menyebut langkah Iswanto masuk Partai Gerindra melalui Forum PAC tidak tepat. Terlebih hingga sekarang Partai Gerindra belum berbicara jauh mengenai persiapan balon bupati. “Langkah Iswanto itu salah jalan. Terlebih, sejumlah orang di balik Forum PAC adalah pecatan Partai Gerindra,” tegasnya.Mereka bukan lagi menjabat sebagai struktural partai. Forum PAC tidak ada dalam AD/RT partai. Jadi, mereka hanyalah simpatisan. “Walau begitu saya mengucapkan terimakasih karena sudah mendekatkan Partai Gerindra kepada masyarakat,” ujarnya. (gun/din/ong)