IKHWANUDIN/RADAR JOGJA
DUKUNG KPK: Peserta aksi dari berbagai elemen masyarakat saat menggeruduk Mapolda DIJ untuk memprotes Polri atas penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto kemarin (24/1).
SLEMAN – Neon box “Polisi” di Mapolda DIJ, Ring Road Uta-ra, Jogjakarta, penuh dengan poster dukungan terhadap Ko-misi Pemberantasan Korupsi (KPK). Papan nama itu rupanya menjadi target sasaran massa aksi dari berbagai elemen di Jogjakarta yang melakukan pro-tes keras atas tindakan Bareskrim Mabes Polri yang melakukan penangkapan terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Ratusan orang memulai aksinya dari Taman Kuliner, Condong-catur. Mereka kemudian berja-lan menuju Mapolda DIJ. Sam-bil meneriakkan Save KPK, Save Indonesia, peserta aksi ke-mudian melakukan orasi di de-pan pintu masuk Mapolda DIJ.
Aksi yang berlangsung sekitar dua jam ini dihadiri sekitar 30 elemen seperti Pukat UGM, LPBH PW NU DIJ, Forum LSM dan perwakilan mahasiswa DIJ. Marzuki Kill the DJ dari Jogja Hip Hop Foundation juga turut dalam aksi ini.Hasrul Halili dari Pukat UGM menyatakan, tindakan polisi yang melakukan penangkapan ter-hadap Bambang dengan cara memborgol tangannya, meru-pakan tindakan yang arogan kepolisian.
Mereka menilai tinda-kan itu tidak etis dan tidak patut dipertontonkan. “Cara seperti ini merupakan tindakan yang tidak patut. Ya berlebihan, tidak profesional terhadap tersangka yang jelas kedudukan dan keberadaannya,” kata Hasrul.
Satu per satu perwakilan ele-men masyarakat Jogja ini mela-kukan orasi. Mereka dengan tegas mendukung upaya KPK dalam memberantas korupsi. Termasuk membongkar semua praktik kotor di lembaga kepo-lisian. Apalagi, setelah KPK menetapkan calon tunggal Ka-polri Komjen Pol Budi Gunawan atas sangkaannya memiliki re-kening gendut.Situasi ini semakin memanas, setelah Bambang Widjojanto ditangkap Bareskrim Mabes Polri atas dugaan menyuruh salah satu saksi memberikan keterangan palsu saat Bambang menjadi pengacara tahun 2010.
Mereka dengan tegas melihat, penangkapan Bambang meru-pakan upaya melemahkan KPK serta kriminalisasi terhadap ko-misioner KPK. Saat bersamaan, perwakilan massa aksi kemudian masuk ke ruang loby Mapolda DIJ. Me-reka menyerahkan surat protes dan petisi yang dialamatkan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti melalui Kapolda DIJ ter-hadap penangkapan Bambang Widjojanto. (fid/laz/ong)