HUMAS UMY FOR RADAR JOGJA

LAYANAN BARU: Pelayanan hari pertama di Klinik Pratama 24 jam Firdaus UMY, kemarin. Meski milik UMY, klinik yang beralamat di Jalan Kapten Piere Tendean 56 Jogja ini dibuka untuk umum. Bahkan juga melayani pasien peserta BPJS.

Dilengkapi Teknologi Canggih, Layani BPJS

JOGJA – Universitas Muham-madiyah Yogyakarta melebarkan sayap, dengan membuka layanan klinik 24 jam di Jalan Kapten Piere Tendean 56 Jogja. Klinik yang dilengkapi peralatan tekno-logi canggih tersebut, siap me-layani masyarakat, baik warga Muhammadiyah maupun masy-arakat umum. “Kami juga melayani masyara-kat pemegang kartu Badan Penyel-enggara Jaminan Sosial (BPJS),” kata Ketua Task Force for Klinik Pratama 24 jam Firdaus UMY, dr Oryzati Hilman, kemarin.
Menurut Oryzati, klinik 24 jam UMY ini berbeda dengan klinik pada umumnya. Perbedaan ter-letak pada layanan dan fasilitasnya. Di mana dalam klinik ini sudah menggunakan teknologi cangih. Selain menyediakan layanan lengkap pemeriksaan kesehatan, klinik ini juga dilengkapi layanan konseling untuk mengendalikan psikologi pasien. Sebab, pasien yang mengalami sakit fisik, bia-sanya akan menggalami gang-guan psikis, sehingga perlu te-rapi psikologi. “Ketika pasien mengalami sakit pada tubuhnya, akan berdampak langsung pada tekanan psikologi pasien, sehingga perlu diterapi,” tandas Oryzati.
Rektor UMY Bambang Cipto mengatakan, hadirnya Klinik 24 jam Firdaus UMY tersebut untuk membantu masyarakat menda-patkan layanan kesehatan alter-natif. Menurutnya, pada klinik ini dilengkapi mesin pengukur kebugaran tubuh secara meny-eluruh, yakni Body Compotition Monitor. “Klinik juga dilengkapi teknologi pemeriksaan gigi ter-baru,” ujar Bambang.
Dia berharap, Klinik Pratama 24 jam Firdaus UMY dapat mem-berikan manfaat kepada masy-arakat Jogjakarta, dan bisa di-manfaatkan sebagai sarana penunjang penelitian mahasiswa Kedokteran UMY. “Klinik juga akan running teks untuk mem-bantu pasien tuna runggu agar mendapatkan informasi pangilan pemeriksaan dengan mudah,” jelasnya. (mar/jko/ong)