JOGJA – Polsek Umbulharjo menerima lapo-ran adanya pemasangan CCTV di salah satu kos wanita di daerah Gambiranom, Pandean, Umbulharjo, Jogja. Salah seorang penghuni kos Un, 19, melaporkan dugaan pemasangan CCTV yang dilakukan Ayw, 27, anak pemilik kos. Kamera pengintai itu dipasang di kamar mandi kos wanita.
Informasi yang dihimpun, hari Jumat (20/11) lalu Ayw sengaja memasang kamera pengintai di salah satu kamar mandi kos. Ia memasang kamera di atas pintu dengan harapan tidak diketahui pengguna kamar mandi. Adapun di kos tersebut ada 11 wanita yang rata-rata ber-status sebagai mahasiswa
Kemudian pada siang harinya, salah satu penghuni kos, Un ingin buang air kecil di kamar mandi. Saat berada di dalam, pandangan tertuju pada satu benda di atas kamar mandi, te-patnya di atas pintu. Merasa curiga, ia pun mengurungkan niatnya untuk pipis. Ia kemu-dian memberitahu kepada teman satu kosnya.
Lalu, bersama teman-teman-nya Un mengecek benda ter sebut. Saat dilihat lebih jelas, ternyata benda itu adalah kamera pe-ngintai. Mereka lantas melepas kamera tersebut. Sehari setelah itu, mereka kemudian melapor ke Polsek Umbulharjo. Kapolsek Umbulharjo Kompol Ahmad Nanang Wibowo men-gatakan, pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk me-mastikan dugaan itu. Dari kete-rangan Ayw, yang bersangkutan sengaja memasang kamera pengintai di kamar mandi. Se-lama ini ia penasaran dengan tubuh perempuan. Ia ingin me-lihat perempuan tidak memakai baju, terutama saat mandi.
“Ayw itu selama ini dikenal anak pendiam dan pemalu. Pa-car saja sampai tidak punya, niatnya melihat bentuk tubuh,” kata Nanang. Ia menambahkan, rekaman dari kamera pengintai yang dipasang Ayw di atas pin-tu kamar mandi belum sempat ditontonnya. Sebab, usai me-masang kamera pengintai, Ayw malah tertidur. Benda tersebut sudah diketahui terlebih dulu penghuni kos. “Ayw memasang di atas pintu kamar mandi. Kalau tidak cermat, ya tidak tahu ada kamera,” kata Nanang.
Adapun hasil rekaman itu sem-pat dibuka. Namun hasilnya terlihat gelap. Hanya terlihat ada aktivitas salah satu anak kos mengambil handuk dari dalam kamar mandi. (fid/laz/ong)