GUNTUR AGA TIRTA/RADAR JOGJA
KENA BATUNYA: Belasan pemuda asal luar Ja wa saat digiring naik mobil untuk menjalani pe me rik-saan di Polres Sleman, kemarin (20/11).
SLEMAN – Maksud hati ingin “membebaskan” teman yang sedang ditahan karena terbelit sebuah kasus pidana, belasan pemuda malah ikut ditahan. Mereka harus digiring ke Mapol-res Sleman, setelah memaksakan diri menda-tangi rumah dinas (Rumdin) Kapolda DIJ di Jalan Jogja-Solo, kemarin (20/11).Peristiwa tersebut berawal dari belasan pemu-da dari luar Jawa mendatangi Dit Reskrimum Polda DIJ untuk meminta penangguhan pena-hanan atas rekannya yang sebelumnya diaman-kan saat terjadi bentrok antardua kelompok pemuda yang diduga berasal dari luar Jawa yang di Papringan, Depok, Sleman, belum lama ini.Merasa tidak puas dengan penjelasan dari pihak Dit Reskrimum Polda DIJ, kemudian me-reka berjalan menuju ke Rumdi Kapolda DIJ di Jalan Jogja-Solo
Rencananya mereka meminta penjelasan langsung kepada Kapolda DIJ untuk mengabul-kan penangguhan penahanan. Di sana, mereka langsung masuk ke Rumdis Kapolda DIJ tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu ke penjagaan. “Mereka meminta penangguhan penahanan atas re-kan mereka,” kata Wadir Reskrimum Polda DIJ, AKBP Djuhandani.Letak Rumdis Kapolda DIJ yang berhadapan dengan Polsek Depok Barat memudahkan aparat kepo-lisian bertindak mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. Sebanyak 18 pemuda kemudian diamankan oleh anggota Polsek Depok Barat.
Mereka digiring ke arah mobil Sat Sabhara Polres Sleman. Satu per satu, mereka diikat meng-gunakan tali. Setelah itu, dibawa ke Polres Sleman dengan penga-walan aparat kepolisian.Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin mengatakan, sebanyak 18 pemuda yang diamankan langs-ung dibawa ke Polres Sleman untuk menjalani pemeriksaan. Kapolres belum bisa menjelaskan lebih jauh adanya kemungkinan pemuda lainnya yang lolos dari pengamanan petugas.
“Kami masih konsen dengan pemeriksaan mereka ini. Ada 18 orang yang ditahan,” kata Kapoles.Kapolres menambahkan, saat puluhan pemuda ini menda-tangi rumah dinas, Kapolda DIJ tidak ada di kediamannya. Saat itu, Kapolda DIJ Brigjen Pol Oe-rip Subagyo masih berada di kantornya, Jalan Ringroad Uta-ra, Depok. (fid/jko/ong)