FRIETQI SURYAWAN/RADAR JOGJA
HAJI MABRUR: Jamaah haji Kabupaten Magelang Kloter 65 dan 66 disambut Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dan jajarannya.

Minat Tinggi, Termuda Berusia 18 Tahun

Suasana haru terlihat ketika jamaah haji Kabupaten Magelang Kloter 65 dan 66 tiba di Kabupaten Magelang. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dan jajarannya.
FRIETQI SURYAWAN, Mungkid
RONA bahagia terpancar ketika sejumlah warga Magelang menemui sanak keluarga-nya yang telah usai menunaikan ibadah haji. Kedatangan rombongan yang berjumlah 448 orang dari dua kloter pun langsung disambut oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP, kemarin (4/11).
Jamaah haji Kabupaten Magelang Kloter 65 berjumlah 78 orang tiba pada pukul 08.00. Kemudian disusul Kloter 66 yang terdiri dari 370 orang tiba pukul 10.00. Sedangkan untuk Kloter 67 yang terdiri dari 369 orang akan tiba pada pukul 22.00 dan Kloter 68 pada Rabu (5/11) pukul 06.30.
Bupati bersyukur pelaksanaan jamaah haji tahun ini berjalan lancar, baik dari pemberangkatan hingga kepulangan dan tiba di Kabupaten Magelang. “Meskipun ada yang meninggal di tanah suci namun secara keseluruhan pelaksanaan haji tahun ini cukup lancar,” katanya
Zaenal berharap pada pelak-sanaan tahun yang akan datang jumlah kuota calon jamaah haji Kabupaten Magelang dapat di-tambah. Itu mengingat tingkat keimanan dan minat menunaikan haji warga Kabupaten Magelang yang cukup tinggi. Hal ini di-buktikan dengan jadwal tunggu yang mencapai tahun 2030.
“Hingga tahun 2030 mendatang, porsi jamaah calon haji untuk Kabupaten Magelang sudah te-risi penuh. Ini menandakan secara umum, masyarakat Ka-bupaten Magelang semakin mak-mur serta agamis,” tuturnya.
Jumlah kuota jamaah haji Kabupaten Magelang tahun ini mencapai 957 orang. Rombong-an haji terdiri dari jamaah haji pria 452 orang dan jamaah pe-rempuan sebanyak 505 orang. Selanjutnya terdapat sepuluh orang yang masih berstatus pe-lajar atau mahasiswa dengan umur termuda 18 tahun.
“Sedangkan jamaah haji tertua dengan umur 94 tahun,” ungkapnya.
Jumlah kuota haji tahun ini memang lebih sedikit jika di-bandingkan kuota yang diper oleh pada tahun 2012 silam. Pada saat itu, kuota rombongan jamaah haji dari Magelang mencapai 1.102 orang.
“Kita berharap pada tahun-tahun mendatang kuotanya bisa bertambah, mengingat pendaftar sudah sangat banyak,” tandasnya. (*/ila/ong)