HERU PRATOMO/RADAR JOGJA

PRESTASI: Pemkot Jogja mendapat peringkat pertama berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan parthnership IGI selama 2012-2014.

JOGJA – Upaya Pemkot Jogja mewujudkan visi Kota Jogja sudah on the track. Hal itu dibuktikan dengan mendapatkannya pering-kat pertama berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan parth-nership Indonesia Governance Index (IGI) selama 2012-2014
“Pemkot Jogja mempertegas upaya mewujudkan visi Kota Jogja sudah pada jalur yang be-nar,” ujar Wali Kota Jogja Harya-di Suyuti di Balai Kota Timoho, Jogja, kemarin (16/10). Menurut-nya, dari 34 kabupaten/kota di Indonesia, kinerja tata kelola pemerintahan, Kota Jogja menda-pat nilai 6,85 atau yang terting-gi. Rata-rata nilai 34 kabupaten/kota hanya 4,9.
Hasil penelitian Partnership itu dilihat dari implementasi prinsip-prinsip tata kelola pe-merintahan yang baik atau good governance. Enam prinsip good governance tersebut yaitu par-tisipasi, transparansi, keadilan, akuntabilitas, efisiensi serta efektivitas yang dikembangkan dalam 126 indikator. “Saya selaku wali kota, wakil wali kota, bersama jajaran meng-ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang ikut serta dalam membangun kota ini,” ujarnya.
Haryadi mengaku, pihaknya bahkan tidak tahu kapan dila-kukan penilaian. Karena itu dirinya beranggapan hasil yang diterima ini objektif. Inovasi yang dilakukan Pemkot Jogja juga menekankan kepada pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan daya saing. Selain itu penilaian juga dari laporan keuangan daerah yang lima kali mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK. Dengan prestasi peringkat pertama dalam tata kelola pe-merintahan dari IGI, dirinya berharap ke depan bisa men-jaga indeks yang telah dicapai supaya bisa terus diatas rata-rata.
Prestasi Pemkot Jogja ini diha-rapkan juga dapat ditularkan ke daerah lain. “Harapan kami pre-stasi ini juga bisa menginspirasi daerah lain. Kami siap untuk sharing dengan daerah lain,” tuturnya.
Sementara itu Kepala Tata Pe-merintahan Pemkot Jogja Zen-ni menambahkan, prestasi se-bagai nomor pertama dari IGI melengkapi prestasi Pemkot Jogja sebelumnya. Juga dalam bidang tata pemerintahan, 2014 lalu Pemkot Jogja mendapatkan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Kemendagri.
“IGI ini di luar pemerintah. Sekarang lengkap, mempertegas saja penilaian dari pemerintah dan nonpemerintah,” ujar Zen-ni. Menurut Zenni, Pemkot Jogja mendapatkan prestasi ini karena kemudahan akses infor-masi penyelenggara pemerintah, partisipasi masyarakat serta pe-layanan, kepastian dan trans-paransi dalam pelayanan. Selain itu yang juga menonjol di Pem-kot Jogja yakni alokasi anggaran untuk pendidikan dan kesehatan yang cukup besar. (pra/laz/ong)