GUNUNGKIDUL – Warga Kepek, Banyusoco, Playen digemparkan penemuan kuburan yang diduga fosil manusia purba di sebuah ladang. Ketika ditemukan sudah dalam keadaan berserakan. Penemunya, Taryadi warga se-tempat yang ketika itu hendak mempersiapkan lahan pertanian. “Menurut saya, ini adalah fosil manusia purba. Selain tulang dan gigi juga ada senjata mirip kujang, senjata khas Jawa Barat. Dilihat dari temuan tersebut, jumlahnya diperkirakan dua kerangka manusia yang sudah terpecah-pecah,” kata Taryadi saat ditemui di lokasi penemuan, kemarin (14/10)
Dia menjelaskan, temuan yang diyakini sebagai fosil manusia purba tersebut berlangsung pada Sabtu (11/10) lalu. Waktu itu, bersama dengan keluarga hendak mencangkul namun justru me-nemukan benda berwujud gigi manusia lengkap dengan rahang. Semula pihaknya tidak begitu peduli dan terus beraktivitas seperti biasa. Hanya saja, Taryadi merasa aneh karena setiap cangkul diayunkan ke tanah muncul tulang belulang dalam berbagai ukuran. Hingga pada akhirnya memutuskan untuk melapor ke kantor polisi. “Tadi, satu kantong plastik dibawa ke Polsek Playen,” kata Taryadi ketika ditemui di ladangnya.
Menurutnya selama beraktivitas tani di lokasi itu, baru pertama kali ini menemukan benda-benda tersebut. Maka pihaknya merasa perlu berkomunikasi dengan pihak berwajib guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.Pantauan Radar Jogja, hingga kemarin lokasi penemuan masih dipadati sejumlah warga. Mereka sekadar melihat-lihat bahkan diantaranya juga ikut mengorek ladang dengan harapan bisa menemukan benda lain pening-galan purbakala.
Terpisah, Kapolsek Playen AKP Joko Utomo mengakui sudah mengamankan satu kantong plastik berisi tulang, gigi dan senjata kujang yang sudah berkarat. Rencananya temuan ini akan dikoordinasikan dengan instansi maupun pihak terkait, untuk meneliti apakah tulang merupakan benda purbakala. “Kami juga akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta,” kata Joko. Menurut Joko, beberapa waktu lalu seorang petani warga Ngasem Lor, Plembutan, Playen juga menemukan kerangka manusia bersenjata kujang. Tulang belulang beserta senjata unik terkubur di dalam ladang. Penemunya Kuwat, 70, warga setempat. Sama persis dengan Taryadi, tulang belulang ditemukan pada saat mencangkul di ladang. (gun/ila/jiong)