JOGJA – Keberadaan galeri investasi BEI Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Jogjakarta berdampak positif terhadap mahasiswa. Sejak diluncurkan bersama PT Valbury Asia Securities beberapa tahun lalu, galeri investasi tersebut menjadi jujukan para mahasiswa UKDW yang ingin belajar mengenai pasar modal, atau sistem transaksi saham secara realtime.”Setiap hari pasti ada mahasiswa yang datang ke galeri investasi BEI UKDW untuk mengetahui secara detail tentang pasar modal,” kata Pengurus Galeri Investasi BEI UKDW Ririn Safitri SE, kemarin (28/Sebagai bentuk apresiasi atas berdirinya galeri investasi BEI, PT Valbury Asia Securities memberikan beasiswa kepada para mahasiswa UKDW. Tahun ini, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari PT Valbury Asia Securities melalui Yayasan Tunas Mudah Cendekiawan, sebanyak 23 orang.
“Setiap mahasiswa mendapatkan beasiswa senilai Rp 5 juta per semester. Beasiswa diberikan hingga mahasiswa tersebut lulus kuliah dari UKDW,” kata Direktur PT Valbury Asia Securities Benny Andrewijaya di sela mengunjungi galeri investasi BEI UKDW, kemarin.Pemberian beasiswa tersebut karena kalangan remaja dan mahasiswa merupakan sosok yang paling diakui oleh masyarakat ketimbang perusahaan pasar modal. Harapannya, para remaja dan mahasiswa dapat menyosialisasikan bisnis pasar modal, sekaligus menjadi agen bisnis pasar modal di tengah masyarakat.”Keberadaan galeri investasi BEI menjadi media pembelajaran bagi para mahasiswa. Sebab, karir di sektor perusahaan pasar modal masih terbuka lebar. Apalagi, banyak perusahaan securities tidak hanya fokus pada investasi di dalam, tapi merambah ke luar negeri,” terang Benny.
Sejak 2011 hingga 2013, jumlah beasiswa yang disalurkan PT Valbury Asia Securities kepada para mahasiswa yang ada di 43 perguruan tinggi di Indonesia mencapai Rp 1,8 miliar. Selain UKDW, pihaknya bekerja sama dengan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Universitas Atma Jaya Jogjakarta. “Beasiswa ini sebagai wujud bakti dan kepedulian kami terhadap pendidikan remaja Indonesia,” jelas Benny.Rektor UKDW Djohan mengucapkan terima kasih karena PT Valbury Asia Securities telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa UKDW. Ia berharap, kerja sama ini terus ditingkat tidak sekadar pada pemberian beasiswa tapi kerja sama yang lain.”UKDW terbuka lebar untuk institusi mana pun termasuk perusahaan securities,” terang Djohan. (mar/jko)