BENTUK jas sangat khas, dengan lengan panjang, kerah bentuk V dan kancing di depan. Potongannya membuat bentuk tubuh pria semakin terlihat maskulin, tak heran jika banyak yang mengandalkan jas sebagai gaya formal. Meski tidak sebanyak busana kasual atau cocktail untuk perempuan, ada beberapa desainer yang mencoba konsern merancang busana untuk pria ini. Desainer Kartika Liem salah satunya.Pada koleksi busana pria kali ini, Kartika menghadirkan koleksi jas dan vest serta padu padan celana bahan dengan teknik laser cut.
“Teknik laser cut saya aplikasikan untuk membuat aplikasi yang beda pada rancangan saya kali ini, sehingga jas tidak tampak polos begitu saja,” ujarnya.Koleksi yang ditampilkan di ajang Jogja Fashion Week 2014 ini secara khusus dihadirkan dalam rangkaian koleksi busana khusus pria. Teknik laser cut mencuri perhatian lewat karyanya, dengan memadukan batik dan kain modern lainnya.Teknik laser cut sendiri dia pelajari saat menimba pendidikan di Raffles Design Institute, Singapura. Teknik modern ini, menarik perhatiannya sebagai cara untuk mengangkat batik untuk lebih dikenal lebih luas.
“Batik memang sudah dikenal luas masyarakat, namun memang harus tetap ada cara lain untuk membuat batik agar mengena di hati,” ujar Kartika.Mengusung tema Akshata, salah satu sesi koleksi busana prianya menampilkan rancangan jas dengan warna cerah. Juga aplikasi batik dengan teknik laser cut dan potongan yang membuat pria terlihat maskulin. Koleksi jas dan vest dengan padu padan celana panjang bahan dan dalaman kemeja ini bisa menjadi inspirasi bagi para pria untuk berbusana formal namun tetap gaya dan maskulin. (dya/ila)