JAMU merupakan minuman tradisional yang terbuat dari herbal alami. Manfaatnya untuk tubuh tidak diragukan lagi. Bagi para wanita, rajin mengonsumsi jamu tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kecantikan.Selain diminum, ramuan jamu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan tubuh. Salah satu yang mengembangkan adalah Taman Sari Royal Heritage Spa di Sheraton Mustika Jogjakarta.Mereka memiliki perawatan khas dengan ramuan jamu yakni Patekan Tatahusada.
“Perawatan ini digolongkan dalam aromatherapy massage, karena menghasilkan kenyamanan tubuh,”ujar Public Reations Executive Sheraton Mustika Jogjakarta Khairul Anwar.Teknik perawatan ini telah lama menjadi resep kesehatan di kalangan Keraton Solo. Manfaatnya untuk tubuh teraplikasi alami. Itu dilakukan dengan menggunakan kombinasi banyak teknik pijatan, seperti acupressure, pijat gulung dan tekanan-tekanan dalam gerakan yang bervariasi. Manfaat, selain untuk menyembuhkan otot yang kejang juga menghasilkan kenyamanan tubuh.Sama halnya dengan perawatan tubuh lain yang dimulai dengan footbath, tahap yang berbeda yakni ketika pijat. Tetapi di sini tidak menggunakan minyak atau essential oil lainnya, namun menggunakan ramuan jamu.
“Ramuan jamunya terbuat dari kunyit, pandan, temu giring atau sering dinamakan dengan harum sari herbal, kemudian dibungku dengan kain belacu dan telah dihangatkan secara tradisional menggunakian tungku api,”jelasnya.Pijatan dalam Patekan Tatahusada tidak menggunakan kontak langsung dengan tangan terapis. Meski demikian, pijatannya akan terasa hingga ke bagian yang kaku dan pegal. “Perawatan ini memang cenderung digemari oleh tamu dari mancanegara, karena mereka lebih menyukai pijatan lembut namun penuh aroma tradisional Indonesia,”ujar Khairul.Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif juga aman dan tidak perlu khawatir. Karena ramuan jamu yang digunakan merupakan bahan-bahan alami dari bumi.(dya/din)