DALAM memberikan hasil yang terbaik, salah satu penunjang terapi atau treatment tubuh yakni aromatherapy. Selain mengutamakan teknik dan perawatan, aromatherapy juga menjadi salah satu poin penting dalam proses perawatan tubuh. “Fungsi aromatherapy bukan hanya memberikan harum pada ruangan, tetapi manfaat utamanya justru untuk menstimulasi peredaran darah melalui indra perasa,” ujar Asisten Spa Manajer Novotel Jogja Liana Nurdianti belum lama ini.
Dirinya mengatakan aromatherapy menjadi bagian penting dalam proses perawatan tubuh. Rangsangan yang ditimbulkan dari aromatherapy mampu memberikan stimulasi ke otak dan saraf yang akan membantu relaksasi tubuh dari dalam.Aromatherapy yang biasanya banyak dikembangkan yakni lavender. Menurutnya, aroma lavender memberikan efek relaksasi dan mengendurkan saraf-saraf yang tegang. “Ketika orang menghirup aromanya akan langsung terasa dan secara tidak sadar akan menstimulasi ketegangan otot,” ujar Lia.Ada beberapa aromatherapy yang biasanya digunakan. Salah satunya yang berbentuk cairan dengan cara meramu sendiri, seperti yang dilakukan di Inbalance Spa & Fitness. Cairan aroma terapi dipanaskan, sehingga aroma segarnya akan lebih mudah memenuhi ruangan. Namun tidak menyengat sehingga tidak mengganggu.
“Karena kalau aromanya terlalu kuat juga akan menggangu, jadi kita gunakan takaran yang pas, sehingga dapat merangsang relaksasi tubuh dari dalam secara maksimal,” ujarnya.Dirinya menambahkan rangsangan aroma terapi tentunya harus didukung dengan teknik dan perawatan yang baik. Sehingga tubuh benar-benar dapat merasakan manfaat relaksasi secara menyeluruh, baik di luar maupun dalam tubuh. “Tujuan perawatan tubuh memang untuk menyeimbangkan kembali fungsi tubuh, segar dan rileks baik dari luar maupun dalam,” ujar Lia. (dya/ila)