KECELAKAAN yang melibatkan KA Bogowonto dengan truk container yang berlangsung di Cirebon pada minggu malam (4/5) berdampak pada pembatalan keberangkatan dua kereta jarak pendek Ajisaka jurusan Lempuyangan-Kutoharjo, dan kereta Sidomukti (Jogja-Solo). PT. KAI Daop VI Jogja terpaksa membatalkan keberangkatan dua kereta api tersebut karena keduanya menggunakan rangkaian jarak jauh sehingga terlambat masuk stasiun.
Kecelakaan tersebut juga berdampak pada terlambatnya kedatangan kereta api jalur Jakarta yang melintas Jogjakarta hingga lima jam, sehingga terjadi penumpukan ratusan calon penumpang di Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Kereta yang mengalami keterlambatan di antaranya KA Argolawu, Taksaka, Progo, Gajahwong, Senja Utama, Bengawan, Bima dan Dwipangga.
Kereta tersebut rata-rata mengalami keterlambatan hingga 5 jam karena harus mengambil jalur memutar dengan jarak hampir dua kali untuk menghindari lokasi terjadinya kecelakaan. Akibat keterlambatan itu, sebagian penumpang terpaksa mengembalikan tiket yang telah dibeli dan mengambil alternatif lain.
Namun cukup banyak juga calon penumpang yang rela menunggu kereta meski tanpa kepastian jam pemberangkatan. Mayoritas calon penumpang yang menunggu adalah calon penumpang jarak jauh menuju ke arah timur, seperti Solo dan Surabaya.
Sementara kereta dari arah timur tidak mengalami keterlambatan, demikan juga untuk kereta jarak dekat jurusan Kutoharjo-Solo. (sky/man/gp)