JOGJA – PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) meraih penghargaan sebagai “Indonesia Most Admired Companies” dari sebuah media Jakarta. Selain itu, anak perusahaan Telkom, PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel) dinobatkan sebagai Indonesia Most Admired Companies untuk kategori Industri Telekomunikasi. Sedangkan CEO Telkomsel, Alex J. Sinaga dinobatkan sebagai Indonesia Most Admired CEO untuk kategori Industri Telekomunikasi.
Penghargaan Indonesia Most Admired Companies 2014 merupakan penyelenggaraan yang ke-13 sejak 2001. Penghargaan diserahkan langsung pada Direktur Enterprise and Business Service Muhammad Awaludin dan CEO Telkomsel, Alex J. Sinaga, baru-baru ini. Penghargaan Most Admired Companies merupakan penghargaan untuk perusahaan dan CEO yang diidam-idamkan publik.
“Penghargaan ini merupakan apresiasi atas segala upaya peningkatan layanan yang dilaksanakan Telkom Group sejalan transformasi yang dilakukan perusahaan. Kami berterima kasih, mengingat upaya Telkom Group dipersepsi dan diapresiasi cukup baik oleh publik,” ungkap Awaluddin.
Telkom juga meraih penghargaan serupa sebagai Indonesia Most Admired Companies 2014 versi majalah Fortune Indonesia. Penghargaan diberikan pada perusahaan yang mampu memberikan kinerja yang gemilang. Baik dari segi finansial maupun operasional.
Tahun 2013, Telkom berhasil mencatat pendapatan sebesar Rp 82,9 triliun atau tumbuh 7,5 persen dengan laba bersih Rp 14,2 triliun atau tumbuh 10,5 persen. Tahun 2014, Telkom tetap fokus pada tiga mesin pertumbuhan melalui tiga program utama. Yaitu, memperkuat bisnis seluler melalui Telkomsel, memperkuat bisnis broadband melalui program Indonesia Digital Network (IDN) 2015, dan ekspansi bisnis ke luar negeri melalui program International Expansion.
Penilaian dilakukan melalui riset kuantitatif pada perusahaan dan Chief of Executive Officer. Pada riset independen, penilai melakukan survei wawancara dari 5 – 28 Februari 2014 pada 2.400 responden. Responden dipilih acak dari database perusahaan di Indonesia pada 16 sektor industri.
Riset tersebut menghasilkan nama-nama CEO dan perusahaan dengan awareness tertinggi dan image terbaik, berdasar persepsi responden sebagai CEO dan perusahaan yang diidam-idamkan responden. (hes/nn)